Agustus 4, 2023

Lolos Seleksi, 10 Finalis Maju Babak Grand Final Pemilihan Duta SDGs FK UNAIR

Pemilihan Duta Sustainable Development Goals (SDGs) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) sudah sampai babak final pada 28 – 29 Juli 2023 lalu. Sepuluh finalis terpilih akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni babak grand final pada 13 – 14 Agustus mendatang.

Finalis ini terpilih berdasarkan hasil tes tulis, Diskusi kelompok (FGD) dan presentasi yang diselenggarakan selama dua hari berturut-turut. Adapun pertimbangannya adalah wawasan peserta mengenai peran Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (SDGs) itu sendiri.

Sebelumnya itu, peserta telah melewati tahap awal. Diantaranya seleksi administratif dan video. Juri kemudian mengakumulasi berbagai poin tersebut untuk menentukan nama-nama yang berhak maju ke tahap selanjutnya.

Duta SDGs FK UNAIR ini memiliki peran dalam mempromosikan SDG’s terutama pada poin ke tiga yakni di bidang kesehatan.

“Duta SDGs dari lembaga pendidikan kesehatan nantinya memiliki fungsi penting untuk mengadvokasi, mengedukasi, dan menginspirasi individu dan kelompok terkait SDGs,” ungkap Ketua panitia acara Hanifa Erlin Dharmayanti, dr., Sp.OG.

Beberapa fungsi utama seorang duta SDG dari lembaga pendidikan kesehatan antara lain dapat menjadi juru bicara aktif dalam mendukung dan mempromosikan SDGs. Mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu-isu kesehatan yang terkait dengan SDGs. Berperan dalam pengembangan program-program pendidikan dan pengabdian masyarakat melalui pelatihan yang mempromosikan SDGs dalam konteks kesehatan.

“Duta SDGs juga diharapkan menjadi contoh teladan dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip SDGs dalam kehidupan sehari-hari, serta membantu membangun kemitraan dengan berbagai pihak terkait, termasuk organisasi masyarakat sipil, institusi pemerintah, lembaga swasta, dan komunitas lokal,” tambahnya.

Adapun sepuluh finalis yang lolos ke tahap selanjutnya antara lain Avriza Zenia Nur Asmadhynegara, Mochamad Rafi Pratama Hariyanto Putra, Satila Zalianty Zen dan Daffa Ainur Rahman.

Selain itu ada Yasmin Azzahra Arifin, Aisyah Berliana Salsabila, Almira Shafa Hendrawan, Aqila Az Zahra, Ukhudiah Kafanila Malika Azar dan Shafira Tsabita Billah.

Duta SDGs FK UNAIR ini dipilih dari mahasiswa aktif FK UNAIR semester satu hingga empat.

Penulis : Ismaul Choiriyah