Februari 15, 2024

Kontribusi FK UNAIR untuk Kader Desa Kentong, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan

Salah satu pilar utama Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pengabdian Kepada Masyarakat ini di selenggarakan di Balai Desa Kentong, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan dengan jarak 40 Km dari kota Surabaya, pada tanggal 20 September 2023. Tema yang diusung adalah Pemberdayaan Kader Kesehatan Tentang Tanaman Obat Berkhasiat Anti Hipertensi dan Pemeriksaan Tekanan Darah Pada Masyarakat di Desa Kentong Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan.

Kegiatan yang di prakarsai oleh Nurmawati Fatimah, dr.,M.Si memilih lokasi tersebut dikarenakan terjadi peningkatan jumlah pasien hipertensi di Puskesmas Glagah Kabupaten Lamongan dalam 2 tahun terakhir ini, sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Dr. Arifa Mustika,dr.,M.Si, beliau adalah dosen di Departemen Anatomi, Histologi dan Farmakologi FK UNAIR serta pakar dalam pengembangan terapi komplementer. Pelaksanaan Kegiatan ini dihadiri oleh kepala Puskesmas Glagah, dr. Sesanti dan tim, kegiatan ini di buka oleh kepala desa Kentong Kabupaten Glagah Bapak Ahmad Juari.

Pemeriksaan TD

Kegiatan yang diawali dengan pemeriksaan tekanan darah kepada seluruh peserta oleh mahasiswa semester 1 dan mahasiswa semester 7 FK Unair serta kolaborasi dengan 2 mahasiswa dari Prodi Battra Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Dilanjutkan dengan mengerjakan pre test untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta tentang penyakit hipertensi, pencegahan, pengobatan dan tanaman obat yang digunakan. Diskusi berjalan sangat interaktif, pertanyaan dari peserta mengambarkan rasa keingingtahuan yang cukup tinggi untuk dapat menyebarluaskan ilmu yang bermanfaat. Dukungan dari Puskesmas sebagai pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk warga Desa Kentong Kecamatan Glagah, Lamongan memberikan angin segar agar pelayanan pengobatan komplementer dengan tanaman obat berkhasiat dapat menjadi pilihan pada terapi anti hipertensi.

Narasumber Dr.Arifa Mustika,dr.,M.Si memberikan penjelasan kepada peserta

Penjelasan yang disampaikan oleh Dr.Arifa dengan menggunakan bahasa awam, menjadikan materi sangat mudah dipahami dan membuat pengetahuan peserta bertambah.

Nurmawati Fatimah,dr.,M.Si menjelaskan tentang pembuatan sediaan herbal yang mudah dipraktikkan dalam sehari hari

Usai penjelasan tentang hipertensi dan tanaman obat yang berkhasiat, acara dilanjutkan dengan demonstrasi oleh mahasiswa dibawah bimbingan dosen. Sri Purwaningsih,dr.,M.Kes, Dr. Maftuchah Rochmanti,dr.,M.Kes, Yuani Setiawati,dr.,M.Ked, Danti Nur Indistuti,dr.,M.ked, Nurina Hasanatuludhiyyah,dr.,M.Si yang merupakan tim pengmas turut serta meramaikan kegiatan, memberikan penjelasan saat diskusi interaktif dengan peserta.

Dipenghujung kegiatan, Kepala Puskesmas dan Kepala Desa mengharapkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan di Desa lain dalam Kecamatan Glagah, agar pengetahuan tersebut dapat lebih menyebar dan pemberdayaan kader lebih optimal.