Juni 14, 2024

Kolaborasi Antar Fakultas dalam Webinar Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan UNAIR

Pada hari Sabtu (07/06/2024), Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga mengadakan webinar sosialisasi penanganan dan pencegahan kekerasan seksual, perundungan, dan intoleransi. Webinar ini merupakan hasil kolaborasi antara FK UNAIR dengan berbagai fakultas lain di lingkungan UNAIR guna memperluas jangkauan informasi sebagai upaya peningkatan kesadaran civitas akademika UNAIR tentang tindak kekerasan dan bagaimana cara menanganinya di lingkungan UNAIR.

Dalam acara ini, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNAIR Intan Fitranisa, S. I. Kom., M.Med.Kom diundang sebagai pembicara, yang juga merupakan anggota dari Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) UNAIR. Intan menjelaskan peningkatan kasus kekerasan seksual, intoleransi, dan perundungan saat ini dapat dipengaruhi oleh perkembangan jaman dan pengaruh pergaulan. Bentuk dari kekerasan seksual bervariasi mulai dari sekadar cat calling hingga pemerkosaan. Korban kekerasan pun tidak terbatas hanya perempuan, namun juga dapat terjadi pada laki-laki.

Penanganan awal pada korban kekerasan adalah dengan memberikan dukungan psikologis. Penting untuk dilakukan adalah menemani dan mendengarkan korban dengan selalu menganut asas praduga tak bersalah. Sikap awal terhadap korban ini bukan hanya tugas Satgas PPKS, namun juga perlu dilakukan oleh seluruh civitas akademika jika kebetulan menghadapi kasus kekerasan di lingkungan UNAIR.

Pesan terakhir dari Intan bahwa Satgas PPKS UNAIR siap membantu jika terdapat kasus kekerasa, terutama kekerasan seksual, yang terjadi di lingkungan UNAIR. Dengan dilaksanakannya webinar ini harapannya lingkungan UNAIR dapat lebih sadar dan berpartisipasi dalam pencegahan dan penanganan kasus kekerasan di sekitar.

Penulis : Bella Amanda