Agustus 10, 2022

Inovasi Peningkatan Kualitas Kader Kesehatan Dalam Upaya Deteksi Dini Tuberkulosis Paru Pada Kehamilan Di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur

Pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022 Program Studi Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Puskesmas Bluto Kabupaten Sumenep. Kegiatan tersebut diketuai oleh ibu Evanggelia Dwilda Ferdinandus dengan anggotanya yaitu ibu Farida Fitriana, Ibu Wahyul Anis dan mahasiswa Program Studi Kebidanan FK Unair. Kegiatan pelatihan kader kesehatan TB adalah kegiatan yang dipilih untuk pemberdayaan masyarakat dalam menurunkan angka kejadian TB khususnya pada ibu hamil di Kabupaten Sumenep khususnya di wilayah binaan Puskesmas Bluto. Kegiatan tersebut melatih 30 kader dari 20 desa di Kecamatan Bluto. Kegiatan dilakukan secara hybrid.

Terdapat serangkaian tahapan kegiatan yang dilakukan yaitu pelatihan online melalui whatshap group, pelatihan offline yang diselenggarakan di Puskesmas Bluto dan evaluasi kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan secara online. Saat pelatihan, kader mendapatkan buku modul Tuberkulosis Paru pada kehamilan untuk kader kesehatan dan lembar balik sebagai alat bantu kader saat memberikan edukasi kepada ibu hamil terkait TB paru saat kehamilan. Setelah kader mengikuti pelatihan offline, setiap kader mendapatkan tugas untuk memberikan edukasi dan self screening kepada 3 ibu hamil. Hasil self screening kemudian akan dilaporkan kepada bidan di Puskesmas dan akan di analisis sebagai dasar evaluasi pelatihan yang telah dilakukan.

Kegiatan pelatihan kader kesehatan TB pada ibu hami mendapatkan dukungan dari berbagai pihak yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep dan Puskesmas Bluto. Kegiatan pelatihan kader kesehatan merupakan salah satu peran aktif Prodi Kebidanan FK Unair dalam SDGs 3 yaitu good health and wellbeing.

Penulis :

Euvanggelia Dwilda Ferdinandus,S.Keb.,Bd.,M.Kes.

Farida Fitriana, S.Keb.,Bd.,M.Sc.

Wahyul Anis,S.Keb.,Bd.,M.Kes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *