Januari 20, 2023

Ingin Buka Prodi Andrologi, FK UGM Kunjungi FK UNAIR

Sebagai satu-satunya Pusat Pendidikan Andrologi di Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) kerap menjadi jujukan Fakultas Kedokteran lain yang ingin belajar mendirikan program studi Andrologi. Yang terbaru, FK UNAIR mendapat kunjungan dari FK Universitas Gadjah Mada (UGM).

Disampaikan oleh Dekan, Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG, Subs.F.E.R, Prodi Spesialis 1 Andrologi di FK UNAIR sudah berdiri sejak tahun 2009. Sebelumnya, bidang ilmu ini hanya bisa dipelajari di Magister Ilmu Kesehatan Reproduksi.

“Jadi dulu harus mengambil magister kesehatan reproduksi terlebih dahulu untuk bisa belajar andrology,” terang dekan saat menyambut tamu dari UGM di Ruang Sidang A, Rabu, 18 Januari 2023.

Meski baru diresmikan tahun 2009, sebenarnya perjalanan ilmu andrologi di FK UNAIR sudah sangat lama. Tepatnya sudah ada sejak tahun 1979. Dulu ilmu ini bergembang di Departemen Biologi Medik.

Menjadi satu-satunya FK yang memiliki prodi Andrologi, FK UNAIR terbuka bagi FK lain yang ingin belajar untuk kemudian mendirikan Prodi Andrologi. Demi membuat kesehatan masyarakat semakin baik, FK UNAIR siap membantu.

“Saya dengar-dengar FK Ciputra juga ingin menyusul mendirikan Prodi Andrologi,” tambah dekan.

Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan UGM, dr. Achmad Hamim Sadewa, PhD menambahkan, dengan belajar ke FK UNAIR, rencana pendirian Prodi Andrologi di FK UGM berjalan lancar. FK UGM Sendiri saat ini tengah menyiapkan pembukaan 3 prodi spesialis 1 lagi. Termasuk diantaranya BTKV dan Andrologi.

“Kami sampaikan terima kasih FK UNAIR telah menyambut dengan baik dan bersedia berbagi ilmu ke kami,”

Selain belajar mengenai pembukaan prodi baru, UGM juga ingin belajar mengenai akreditasi Internasional ASIIN. Di mana saat ini, 12 Prodi di FK UNAIR sudah terakreditasi internasional ASIIN.(ISM)