Juli 27, 2023

Ground Campaign bersama AMSA UNAIR

Fighting Malaria and Hypertension to Increase International Level Health  Quality (FALCIPARUM) merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh  AMSA UNAIR. Acara ini dilaksanakan selama 2 hari. Pada Minggu, 12 Februari  2023 dan Minggu, 26 Februari 2023. Program ini berupa pengabdian masyarakat  yaitu health campaign dengan jangkauan volunteer hingga tingkat  internasional. Dalam acara pada hari pertama akan diadakan ground campaign dan  medical chek up secara offline di Alun-alun Kota Surabaya dan Car Free Day  Taman Bungkul. Pada hari kedua akan dilaksanakan kegiatan Talkshow dan  Workshop melalui live Instagram. Pada kegiatan ini juga akan membuka donasi  yang nantinya akan diberikan pada orang yang membutuhkan melalui kerja sama  dengan beberapa media patner. Acara ini telah diikuti oleh 178 orang yang terdiri  dari volunteer offline maupun online sebanyak 150 orang dan panitia sebanyak 28  orang. 

Kegiatan FALCIPARUM ini berfokus memberikan wadah bagi mahasiswa  untuk mengimprove soft skill sebagai seorang volunteer yang bisa melakukan  sebuah kolaborasi atau kerja sama dengan tim. Selain itu, kegiatan ini bertujuan  untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan diri sedari  kecil. Pada hari pertama, kami mengadakan ground campaign, yang didalamnya  terdapat kegiatan sosialisasi materi terkait tema yang kita ambil yaitu hipertensi dan  dengue fever. Selain itu, kami mengadakan medical check up berupa pengecekan  tekanan darah pada pengunjung yang hadir car free day alun – alun Surabaya.

Tahap persiapan FALCIPARUM 2023 sudah dipersiapkan sejak bulan  Januari. Terdapat hambatan pada saat persiapan yaitu dilakukan beberapa  perubahan tema dari yang awalnya sudah direncanakan. Adanya perubahan tema  ini juga membuat perubahan pada konten maupun susunan acara yang telah  dilakukan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, divisi humas dan juga acara  dengan sigap melakukan perubahan sesuai dengan hasil konsultasi bersama dosen  pembimbing. 

Total pendaftar volunteer melewati indikator keberhasilan yang kami  tentukan. Jumlah peserta yang kami harapkan datang adalah setidaknya 50% dari  200. Namun, volunteer yang mendaftar adalah sebanyak 150 volunteer dari  berbagai macam fakultas maupun kalangan. Kami berharap kesuksesan  pelaksanaan FALCIPARUM atau ground campaign dapat dipertahankan dan dapat  memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Penulis: Fadiah Dini Putri Idwar (Kedokteran 2022)