November 29, 2022

GLUCOSE: Bakti Mahasiswa Baru 2022

Glucose 2022 adalah kegiatan yang dibawahi oleh Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM FK Unair dengan program kerja Bakti Mahasiswa Baru angkatan 2022. Kegiatan ini  diadakan dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia dan sebagai program kerja pertama angkatan untuk meningkatkan solidaritas antarmahasiswa. Glucose 2022 diadakan di 5 wilayah Surabaya, yaitu Surabaya Timur, Surabaya Pusat, Surabaya Utara, Surabaya Selatan, dan Surabaya Barat. Adapun beberapa rangkaian kegiatan di dalamnya terdapat senam bersama, edukasi dan sosialisasi, demo bekal sehat, dan pembagian bakti sosial berupa sembako dan covid kit, serta medical check-up gratis.

Pada Surabaya Timur, kegiatan dilaksanakan di Aula RW 13, Jl. Jojoran I no. 85, Kec. Gubeng dan dimulai dengan senam bersama pada pukul 06.00 WIB, masyarakat terlihat sangat antusias saat mengikuti senam dari awal hingga akhir. Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan yang diisi dengan sambutan dari koordinator wilayah, ketua panitia, serta dari salah satu perwakilan warga setempat. Selanjutnya, pada pukul 07.30 WIB kegiatan berlanjut dengan adanya pembekalan materi mengenai Diabetes Melitus, di tengah-tengah pemberian materi terdapat ice breaking dan games, seperti quiz dan ada juga undian yang diikuti oleh masyarakat setempat. Tidak hanya itu, kegiatan masih berlanjut dengan demo bekal sehat, pembagian sembako, dan kegiatan yang terakhir yaitu medical check-up gratis pada pukul 10.20 WIB.

Surabaya Utara melaksanakan kegiatan ini di Gang Anggrek, Jl. Bulak Banteng Baru No. 28, Sidotopo Wetan, Kec. Kenjeran. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh MC yang menjelaskan mengenai apa itu Glucose dan tujuan dari kegiatan ini. Dilanjutkan dengan sambutan dari koordinator wilayah Surabaya Utara, ketua panitia, Ketua BEM KM FK Unair, dan dari pihak warga setempat. Kegiatan berlanjut dengan pemberian materi dan sosialisasi diabetes pada warga setempat. Selain itu, juga ada sesi games di tengah-tengah pemberian materi. Setelah pemberian materi dan sosialisasi selesai, ketua panitia menyerahkan papan simbolis kepada warga setempat. Pada pukul 10.20 WIB, dilaksanakan demo bekal sehat dan medical check-up gratis pada masyarakat. Terakhir, kegiatan di tutup oleh MC pada pukul 11.05 WIB dan dilakukan sesi foto bersama.

Pada Surabaya Barat, kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berlangsung di Panti Asuhan Al-Mu’min, Jl. Wisma Lidah Kulon B no. 125, Kec. Lakarsantri. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dibuka oleh MC. Acara pada wilayah ini berlangsung tanpa medical check-up, tetapi tetap memberikan kesan kepada para adik panti asuhan yang mengikutinya. Bahkan, mereka enggan menerima permen yang diberikan oleh teman-teman Glucose karena takut terkena diabetes. Begitu antusias peserta membat kami merasa apa yang ingin disampaikan cukup berhasil dan dengan harapan dapat bermanfaat bagi mereka nantinya.

Acara di Surabaya Pusat berlangsung seru dan menyenangkan dengan adanya permainan kolase dan membuat origami bersama adik-adik Panti Asuhan Undaan Surabaya. Di samping itu, terdapat pemberian edukasi dan gim menarik lain yang diberikan oleh teman-teman sie materi dan sosialisasi kepada adik-adik yang sudah beranjak remaja. Mereka aktif bertanya dan mampu mengingat dan mempraktikkan apa yang sudah diedukasikan. Selain itu, diadakan pula kegiatan pemeriksaan gula darah yang dibantu oleh staff Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM FK Unair kepada pengurus – pengurus panti asuhan.

Kemudian, untuk acara di Surabaya Selatan sendiri berlangsung dengan meriah karena ternyata para peserta sangat antusias berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kebonsari RT 006 dan RW 001 pada pukul 8 pagi ramai dengan warga yang dengan senang hati memperhatikan materi, berpartisipasi dalam permainan yang diberikan. Mereka juga bersemangat menerima ilmu membuat bekal sehat, dan masing-masing dari mereka mendapatkan fasilitas medical check-up gratis yang dilakukan oleh staff Departemen Pengabdian Masyarakat BEM KM FK Unair.