September 26, 2022

Gelar Cek Kesehatan dan Pengobatan Gratis pada Desa Binaan Kuripansari Pengmas BEM KM FK UNAIR

Sabtu, 17 September 2022 menjadi hari dimana Pengmas BEM KM FK Unair menjalani kegiatan Desa Binaan yang ke 3 kalinya. pada Desa Binaan yang ke 3 ini bisa dibilang menjadi kegiatan yang cukup besar dibanding Desa Binaan sebelumnya, dimana diadakan 2 kegiatan sekaligus yang mencakup berbagai sasaran. Kegiatan tersebut merupakan Optimalisasi TK, Cek Kesehatan, dan Penyuluhan mengenai hari jantung sedunia yang merupakan kegiatan hari tematik kedua.

Cek Kesehatan dan pemberian obat – obatan gratis pada warga Desa Kuripansari yang terdiri dari 6 dusun merupakan bentuk aksi sosial pengmas BEM KM FK Unair dalam mengabdi kepada masyarakat. Selain itu, cek kesehatan merupakan pengaplikasian dari ilmu yang telah kita dapatkan selama berkuliah secara langsung. Terdiri dari 10 staf pengmas BEM KM FK Unair, 12 Relawan, dan 2 dokter umum yang membantu menyukseskan kegiatan cek Kesehatan dan pengobatan gratis ini.

Pada kegiatan cek kesehatan ini kami membagi menjadi beberapa station supaya memudahkan masyarakat dalam alur cek kesehatan dan juga guna menjaga ketertiban. Station tersebut adalah registrasi, anamnesis, cek tensi, cek darah, konsultasi dengan dokter, pengambilan konsumsi, dan pengambilan obat. Banyak kegiatan menarik dalam kegiatan dalam kegiatan ini dimana kami sebagai mahasiswa memposisikan kita sebagaimana mestinya dan melayani masyarakat dengan seoptimal mungkin. Ada masyarakat yang sangat aktif dan antusias pada saat cek kesehatan, namun ada juga masyarakat yang cenderung pasif. Tetapi di situlah kami belajar untuk bisa menggali informasi mengenai keluhan pasien. Lebih lagi kegiatan cek kesehatan ini merupakan wadah pembelajaran bagi kami dalam melancarkan ilmu kedokteran kami seperti menenensi, menganamnesis pasien, pengambilan darah, dan tidak lupa menambah pengetahuan mengenai pemberian dosis obat obatan.

Akhir kata kegiatan ini sangatlah berkesan bagi kami sebagai mahasiswa dimana kami dapat belajar dan terjun langsung bertemu dengan masyarakat luas dan bisa menjadi wadah untuk memperdalam ilmu yang tentunya sangat kami cintai ini. Kami berharap masyaraktat Kuripansari pun merasakan kesan yang sama sebagaimana kami sangat menikmati kegiatan ini.

Oleh : Gabriel Damarwibawa Setianto