September 19, 2022

FK UNAIR Sambut 7 Mahasiswa Universitas Erasmus Belanda

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) menyambut kedatangan mahasiswa inbound dari Universitas Erasmus, Rotterdam, Belanda, Senin, 19 September 2022. Kedatangan disambut langsung oleh Dekan FK UNAIR, Prof Dr Budi Santoso, dr, SpOG (K), Wakil Dekan 3, Dr. Sulistiawati, dr., M.Kes dan Staf Khusus Dekanat, Dr Eighty Mardiyan K, dr, SpOG (K).

Mahasiswa preklinik ini akan menghabiskan sebagian besar waktunya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau puskesmas untuk mempelajari tentang sistem pelayanan pasien. Selain berdiskusi dengan tenaga kesehatan, mereka juga akan terjun langsung kepada masyarakat.

“Programnya Global Health, jadi kegiatan utamanya fokus pada community health. Mereka akan lebih banyak ke primarilly healthcare,” terang Dokter Sulis.

Untuk memberikan gambaran luas mengenai sistem pelayanan dasar di Indonesia, FK UNAIR akan mengajak para mahasiswa untuk belajar di puskesmas urban, suburban dan rural. Rencanaya, FK Akan mengajak mahasiswa ini untuk mengunjungi puskesmas di Surabaya, Banyuwangi dan Jombang.

“Mereka akan melihat bagaimana manajemen pasien di puskesmas dan kemudian di communitynya bagaimana,” tambah Dokter Sulis.

Diharapkan juga melalui kegiatan ini, mahasiswa banyak mempelajari ragam penyakit tropis di Indonesia. Seperti Malaria dan DBD.

Tidak hanya mendalami kesehatan masyarakat, para mahasiswa ini juga akan menjalani putaran di RSUD Dr. Soetomo. Antara lain di Departemen Ilmu Kesehatan Anak dan Kulit.
(ISM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.