Mei 19, 2023

FK UNAIR Sambangi Alumni UNAIR di KBRI Seoul

Setelah menyambangi Seoul National University dan Yonsei University, Rombongan dekanat FK UNAIR menyambangi Kantor KBRI Korea Selatan di Seoul, 28 April 2023 lalu. Rombongan FK UNAIR disambut oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Seoul, Gogot Suharwoto. Ia sendiri merupakan alumnus dari UNAIR.

Selain beramah tamah, kunjungan tersebut juga dipaparkan mengenai peluang bagi pelajar maupun peneliti Indonesia untuk menempuh pendidikan di Korea Selatan.

“Beliau juga menyampaikan KBRI Seoul siap untuk membantu pelajar Indonesia di Korea, ujar Dekan FK UNAIR, Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG, Subsp.F.E.R.

KBRI Seoul juga mendorong pada pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Korea Selatan. Apalagi, selain dari beasiswa pemerintah, Korea Selatan juga menyediakan beberapa beasiswa pendidikan bagi mahasiswa asing. Baik dari pemerintah maupun masing-masing universitas.

Gogot menyampaikan, saat ini atase pendidikand dan kebudayaan KBRI Korea Selatan di Seoul memiliki laman resmi, yakni posspika.seoul.kemdikbud.go.id. Situs ini memberikan layanan Portal One Stop Service (POSS) yang dapat diakses publik, khususnya pelajar, peneliti, pelaku budaya, dan masyarakat Indonesia di Korea Selatan maupun masyarakat Korea Selatan yang memerlukan informasi terkait dengan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia dan Korea Selatan.

Dengan hadirnya portal POSSPIKA ini, diharapkan berbagai layanan, informasi penting dan pemberitaan terkini di bidang pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi KBRI Seoul dapat segera dimanfaatkan dan diketahui publik. Layanan dan Informasi pemberitaan tersebut dapat berupa informasi maupun liputan kegiatan yang menjadi tugas Atdikbud,

Beberapa layanan yang disediakan dalam laman untuk pelajar Indonesia diantaranya lapor diri mahasiswa, penyetaraan ijazah, surat keterangan lulus kuliah. Surat keterangan lulus atau pindah sekolah, surat bahan penilaian prestasi kerja. Juga surat rekomendasi penelitian di Indonesia, surat keterangan prodi baru hingga surat keterangan barang pindahan.

“KBRI siap menjadi jembatan. Baik bagi calon mahasiswa untuk mengurus administrasi untuk pendidikan, izin tinggal dan lain sebagainya,’ tukasnya. (ISM)