November 30, 2022

FK UNAIR Jadi Tuan Rumah Pertukaran Pelajar ISMKI

Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) jadi tuan rumah IMSP (Indonesian Medical Student Exchange Programe). IMSP sendiri merupakan program pertukaran pelajar kerjasama antara BEM FK UNAIR bersama dengan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI). Rabu, 30 November 2022 delegasi disambut di Aula FK UNAIR.

Pembina BEM, Dr. Eighty Mardiyan Kurniawato, dr., Sp.OG(K) berharap, melalui kegiatan ini mahasiswa kedokteran dari kampus lain bisa mengetahui sistem dan budaya belajar yang diterapkan di FK UNAIR.

“Kami ucapkan selamat datang di FK UNAIR. Kami dengan senang hati memberikan sambutan hangat kepada teman-teman mahasiswa,” ujar Dr. Eighty saat acara welcoming party di Ruang Aula FK UNAIR.

Diharapkan selama lima hari di FK UNAIR ini, para delegasi mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan selama lima hari ke depan berbaur menjadi mahasiswa FK UNAIR. Apalagi FK UNAIR merupakan fakultas kedokteran tertua kedua di Indonesia.

IMSP di FK UNAIR diikuti oleh 12 delegasi. Mereka berasal dari dari 8 universitas di Indonesia. Mulai dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Gorontalo dan Universitas Muslim Indonesia. Kemudian Universitas Sriwijaya, Universitas Padjajaran dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ketua BEM KM FK UNAIR, Muh Zaki Anshari Farid berpesan agar para delegasi dari berbagai fakultas ini agar bisa mengikuti kegiatan secara maksimal. Tidak hanya perkuliahan, tapi juga praktikum hingga kegiatan berorganisasi.

“Silahkan diambil yang baik dari FK UNAIR ini, tidak hanya dalam pendidikan tapi juga budaya berorganisasi dan mengabdi kepada masyarakat,” lanjutnya.

Ketua IMSEP, Andrew William menjelaskan kegiatan ini merupakan program kerja hubungan internasional ISMKI. Dan menjadi program pertukaran pelajar mahasiswa kedokteran di Indonesia.

“Kegiatan ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi bagi kita sebagai calon tenaga kesehatan di Indonesia,” ujarnya.

Beragam kegiatan sudah disiapkan panitia IMSEP FK UNAIR. Mulai dari tur kampus dan rumah sakit serta praktikum.

“Besok, mahasiswa akan diajak untuk tur ke ASAD-C yang sempat menjadi lab anatomi terbaik dunia,” terangnya.

Delegasi ini juga akan diajak untuk bergabung dalam kegiatan MEDSPIN FK UNAIR 2022. Mereka juga akan diajak untuk melakukan pengabdian masyarakat ke panti asuhan. Selain itu peserta akan diajak menjelajah Kota Surabaya. (ISM).