Agustus 11, 2022

FK UNAIR Bekerjasama dengan Osaka University Selenggarakan Webinar Antisipasi Penyakit Hepatitis yang Tidak Diketahui Penyebabnya

Penyakit Hepatitis yang tidak diketahui penyebabnya/Acute Hepatitis of Unknown Aetiology (AHUA) merupakan penyakit yang menjadi perhatian dunia belum lama ini. Menurut data WHO 23 April 2022, penyakit ini menyerang anak dengan rentang usia 1 bulan hingga 16 tahun. Sejak 21 April 2022 terdapat 169 kasus AHUA di 11 negara, dan diantaranya 17 kasus membutuhkan transplantasi liver, dan setidaknya 1 kematian telah dilaporkan. Di Indonesia, sejak tanggal 17 Mei 2022 telah ditemukan 14 kasus dicurigai AHUA terdiri dari 1 kasus di Sumatra Utara, 1 kasus di Sumatra Barat, 7 kasus di DKI Jakarta, 1 kasus di Jambi, 3 kasus di Jawa Timur.

Demi mengantisipasi penyebaran kasus AHUA ini, Departemen Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga bekerjasama dengan Osaka University Jepang menyelenggarakan webinar yang bertajuk  “Mitigation and Preparedness for Acute Hepatitis of Unknown Aetiology (AHUA)”. Peserta webinar berasal dari praktisi kesehatan dari seluruh Indonesia. Update informasi terkini disajikan secara menarik untuk menghadapi penyakit AHUA.

Webinar diisi oleh para pembicara ahli: Prof. Yoshiharu Matsuura, Ph. D dari Osaka University, Jepang ; Prof. Maria Inge Lusida, dr., PhD, Sp. MK (K) dari Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga; Dr. Budiman Bela, dr., Sp. MK (K) dari Departemen Mikrobiologi Klinik Universitas Indonesia; Dr. Bagus Setyobudi, dr., Sp A(K) dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Universitas Airlangga/RSUD Dr Soetomo; Prof. Dr. Kuntaman, dr., MS, Sp MK(K) dari Departemen Mikrobiologi Klinik Universitas Airlangga/RSUD Dr Soetomo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *