Mei 19, 2023

FK UNAIR Akan Buka Kembali Program Pertukaran Pelajar Ke Fukui University

Setelah sempat terhenti karena pandemi, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) tengah mempertimbangkan untuk membuka kembali program pertukaran pelajar bagi mahasiswa S1 antara mahasiswa Fukui University, Jepang dengan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unair.

Dalam kunjungannya ke Jepang awal Mei lalu, Wakil Dekan 3, Dr. Sulistiawati dr., M.Kes. dan Ketua International Office Affair FK UNAIR, Dr. dr. Asra Al Fauzi, SE, MM, Sp.BS (K), FICS, IFAANS mengadakan rapat dan diskusi dengan team dari Fukui University yaitu Prof Sada Kiyonao beserta timnya.

“Dari diskusi kemarin, kami menyepakati akan kembali membuka program pertukaran pelajar di tahun ini atau tahun depan,” terang dokter Sulis. Sebelum Pandemi beberapa mahasiswa FK Unair sudah out bound di Fukui Univ begitu juga mahasiswa dari Fukui Univ sudah inbound di FK Unair.

Program pertukaran pelajar tentunya akan memberi manfaat kepada mahasiswa dari dua institusi untuk saling belajar tentang penyakit ataupun masalah kesehatan serta policy nya dari masing – masing negara.

Dari FK UNAIR, mahasiswa bisa mengambil banyak ilmu melalui riset yang berkembang pesat di Jepang
Di sisi lain, mahasiswa dari Fukui yang belajar di FK UNAIR akan terpapar banyak mengenai kasus-kasus kesehatan beserta pelayanan kesehatan yang tentunya jauh berbeda dengan sistem pelayanan yang ada di Jepang.

Lebih lanjut, program ini akan menambah referensi kampus tujuan bagi mahasiswa kelas Internasional FK UNAIR. Di mana mereka memiliki kewajiban untuk mengambil semester pendek di kampus luar negeri untuk memenuhi modul elektifnya. (ISM)