Agustus 3, 2022

Dosen FK UNAIR Segarkan Pengetahuan Kader Tentang DBD

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Dr. Sulistiawati, dr., M.Kes gelar diskusi bersama Kader di Kawasan Puskesmas Dupak. Diskusi ini untuk menyegarkan pengetahuan kader terkait penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang masih menjadi permasalahan masyarakat, khususnya di daerah padat penduduk.

Kegiatan ini masuk dalam program pengabdian masyarakat Dokter Sulistiawati. Pendekatan kepada kader dilakukan karena pemberantasan DBD tidak bisa dilakukan secara individu. Namun sebaliknya dibutuhkan kekompakan warga.

“Karenanya peran kader kesehatan ini sangat penting untuk bersama-sama menggerakkan warga untuk memberantas DBD,” jelasnya, Selasa, 2 Agustus 2022.

Kegiatan digelar selama dua hari. Hari pertama, Rabu, 27 Juli 2022 Dokter Sulistiawati melakukan Focus Group Discussion (FGD) bersama Perangkat RT/RW dan Kader Kesehatan. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan masyarakat mengenai penyakit DBD beserta penanganannya.

Kegiatan dilanjutkan pada hari Jumat, 29 Juli 2020. Diikuti oleh 30 kader kesehatan di Kawasan Puskesmas Dupak. Di sini, Dokter Sulistiawati memaparkan materi seputar DBD. Mulai dari penyebab, gejala, pertolongan pertama, penanganan dan pencegahan.

“Rata-rata pengetahuan kader sudah bagus. Hanya ada beberapa yang perlu direview ulang,” tambahnya.

Selain memberikan pemaparan, Wakil Dekan III FK UNAIR ini juga memberikan alat-alat pendukung untuk pemberantasan jentik-jentik nyamuk. Diantaranya senter, abate dan pipet. (ISM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *