Juni 24, 2024

Divisi Neurologi Anak Lakukan Pengabdian Masyrakat di Kabupaten Kediri

Dalam rangka menjalankan salah satu tri dharma perguruan tinggi, Divisi Neurologi Anak, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) – RSUD Dr. Soetomo melaksanakan pengabdian masyarakat berjudul “Peningkatan Kualitas Manajemen Kejang pada Anak Untuk Tenaga Kesehatan di Kabupaten Kediri”. Pengabdian masyarakat ini terdiri dari dua rangkaian kegiatan yakni webinar dan pemeriksaan neurologi anak yang dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan RSUD Simpang Lima Gumul Kediri.

Webinar Kejang pada Anak

Webinar kejang pada anak dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2024 via zoom yang ditujukan untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Kediri baik dokter spesialis, dokter umum, perawat, maupun bidan. Adapun moderator dari webinar ini adalah Prof. Dr. dr., Prastiya Indra Gunawan, Sp.A(K) selaku kepala divisi neurologi anak sekaligus ketua pengabdian masyarakat ini. Selain bekerjasama dengan RSUD Simpang Lima Gumul Kediri, divisi neurologi anak juga menggandeng salah satu dosen dari Divisi Emergensi dan Rawat Inap Anak yakni Dr. dr. Arina Setyaningyas, M.Kes., Sp.A(K) untuk menjadi pembicara dalam topik “Tatalaksana Kejang Berkepanjangan (Status Epileptikus)”. Tidak hanya itu, adapun anggota dari divisi neurologi anak yang turut menjadi narasumber dalam webinar ini, antara lain dr. Riza Noviandi, Sp.A(K) dengan judul bahasan “Membedakan Kejang dan Bukan Kejang” dan dr. Sunny Mariana Samosir, M.Ked.Klin., Sp.A yang membahas mengenai “Epilepsi pada Anak”.

Webinar ini dihadiri oleh 144 pesertayang tidak hanya terdiri dari tenaga kesehatan di RSUD Simpang Lima Gumul Kediri, tetapi juga dari berbagai rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Kediri. Diadakannya webinar kejang pada anak ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan terkait tata laksana kejang anak khususnya di Kabupaten Kediri.

Pemeriksaan Neurologi Anak

Rangkaian kegiatan kedua adalah pemeriksaan neurologi anak pada tanggal 20 Juni 2024 yang dilaksanakan di RSUD Simpang Lima Gumul Kabupaten Kediri. Kegiatan ini dibuka oleh dr. Tony Widyanto, Sp.OG(K) selaku Direktur RSUD Simpang Lima Gumul Kediri dan Prof. Dr. dr. Prastiya Indra Gunawan, Sp.A(K).

Sebelum pemeriksaan neurologi anak dilakukan, para orangtua/wali pasien diberi penyuluhan mengenai epilepsi yang dipaparkan oleh dr. Perez Wahyu Purnasari dan dipandu oleh dr. Rahayu Nofita Sari. Kegiatan ini dihadiri oleh 19 peserta yang terdiri dari pasien anak dengan gangguan neurologis. Pemeriksaan neurologis dilakukan oleh tim dokter ahli neurologi anak.

Kegiatan pemeriksaan neurologi ditutup dengan membagikan buku edukasi awam “Mengenal Kejang pada Anak” yang ditulis oleh seluruh tim dari Divisi Neurologi Anak, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga – RSUD Dr. Soetomo Surabaya kepada masing-masing orang tua/wali pasien yang menghadiri kegiatan pemeriksaan neurologi anak. Respon peserta dalam kegiatan ini sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme para orangtua/wali peserta dalam bertanya baik pada saat penyuluhan maupun pada saat pemeriksaan dengan dokter.

Penulis : Lintang Qusnul Budi Setiawati