November 4, 2022

Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Sukses Menggelar PKB XX Tahun 2022 Secara Offline

Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi (P&IKR) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menggelar Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan (PKB) Paru di Hotel Bumi Surabaya, Sabtu-Minggu (29-30 Oktober 2022). “Rangkaian kegiatan tahun ini bertema “Preparing the Next Level of Respiratory Care” ini berlangsung di tengah suasana pandemic dengan menerapkan protocol Kesehatan” ujar Garinda Alma Duta, dr. Sp.P (K) selaku ketua panitia. Kegiatan ini menjadi tempat bagi panitia yang juga merupakan peserta PPDS Prodi Sp1 Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi mengembangkan jiwa entrepreneur dan soft skill.

Kegiatan hari pertama (29/10) terdiri atas tiga kegiatan yaitu Workshop, Alumni Scientific Gala dan Diskusi Kesehatan Kerja. Workshop tahun ini mengangkat tema Management of NSCLC and Pleural Diseases; Spirometry and Occupational Lung Disease dan Comprehensive Sepsis Management. Animo peserta cukup tinggi yang terlihat dari jumlah peserta lebih dari 50 orang di tiap Workshop. “Alhamdulillah, luar biasa animo peserta. Ini rekor menurut saya, workshop paru diadakan di ruang Hall Isyana Hotel Bumi yang cukup besar, disekat jadi dua, biasanya workshop di Ruang Pertemuan lain yang lebih kecil.”tukas salah satu alumni.

Alumni Scientific Gala selain menjadi wadah alumni untuk reuni pun menjadi ajang untuk brainstorming berbagai permasalahan yang ada. “Senang sekali ada kegiatan temu alumni paru FK Unair, bisa bersua dengan teman-teman seperjuangan saat PPDS dan para senior dan guru-guru. Penuh kenangan dan canda tawa setelah 2 tahun tidak pernah ketemu”” ungkap Alfian Nur Rosyid, dr. Sp.P(K) pengurus alumni.

Hal senada juga disyukuri oleh Arief Bahtiar, dr. Sp.P (K). Beliau berpendapat bahwa acara PKB kali ini adalah acara offline besar pertama yang diadakan  setelah dua setengah tahun bergulat dengan Covid-19 dan selama itu pula sudah hampir terlena dengan pertemuan daring dalam bentuk webinar. Ketua Prodi Sp1 Pulmonologi ini juga menambahkan bahwa teman teman sejawat sudah merindukan suasana bertatap muka dalam update ilmu bersamaan dengan acara rapat alumni dengan format Gala Scientific.

Harapan lebih besar juga disampaikan oleh Dr. Isnin Anang Marhana, dr. SpP (K), FCCP, FIRS, FAPSR selaku Ketua DP&IKR. Umpan balik dari para alumni membantu dalam memfasilitasi kebutuhan sejawat dokter baik dokter umum maupun spesialis paru di daerah masing-masing.

Pararel dengan kegiatan Gala, diselenggarakan Diskusi Kesehatan Kerja oleh Divisi Paru Kerja dan Lingkungan D&IPKR yang bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Kesehatan Kerja Indonesia (IDKI) cabang Jawa Timur dan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Cabang Jawa Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh praktisi, dokter perusahaan dan dokter dengan keseminatan di bidang Kesehatan kerja. Diskusi dipimpin oleh dr. Sho’im Hidayat, MS dan dr. Hari Subagiyo selaku wakil pengurus IDKI Jatim.

Puncak kegiatan PKB Paru XX 2022 adalah Symposium (30/11) dibuka oleh Dr. Sulistiawati, dr., M.Kes yang mewakili Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Sambutan pembuka mengenai Etika Kedokteran juga diberikan juga oleh Prof. Doddy M Soebadi, dr. SpB SpU (K) selaku perwakilan Ikatan Dokter Indonesia dan Dr. Isnin Anang Marhana, dr. SpP (K). Symposia  menampilkan pembicara dari unsur staff dan Guru Besar di lingkungan  D&IPKR serta 1 Pembicara dari Department Radiologi. Kegiatan yang terdiri dari enam sesi ini dihadiri oleh kurang lebih 400 peserta.