Juli 31, 2023

Departemen Patologi Anatomik FK UNAIR Buka Layanan Pap Smear Gratis Untuk Masyarakat Bangkalan

Departemen Patologi Anatomik (PA) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) membuka layanan pemeriksaan Pap Smear gratis kepada masyarakat di Bangkalan, Sabtu, 21 Juli 2023. Berlokasi di Rumas Sakit Hikmah Sawi Bangkalan, kegiatan diikuti oleh 100 orang.

Papsmear merupakan metode deteksi dini kanker serviks paling akurat saat ini. Dalam kanker serviks, semakin dini kanker serviks terdeteksi, tingkat kesembuhannya pun semakin tinggi.

“Sebelum menjadi kanker serviks sebenarnya memerlukan waktu yang cukup lama. Fase ini merupakan fase pra kanker. Di mana selnya belum menjadi ganas namun sudah tidak normal. Jika dalam fase ini terdeteksi, maka kesembuhan bisa mencapai 100 persen,” ujar Ketua Departemen PA FK UNAIR, dr. Dyah Fauziah, Sp.P.A., Subsp.S.M.(K).

Karenanya, pihaknya mendorong agar perempuan yang sudah menikah untuk melakukan Pap Smear berkala satu tahun sekali. Sehingga jika ada gejala dapat segera tertangani.

“Kanker Serviks menjadi salah satu penyebab kematian tertiggi pada wanita di Indonesia. Pasalnya, 75 persen kanker leher rahim ini baru ditemukan pada stadium lanjut. Hal ini berbanding terbalik pada negara maju yang 75 persen kasusnya ditemukan pada stadium dini. Karenanya mari kita cegah dengan melakukan Pap Smear rutin,” tambahnya.

Pemeriksaan Pap Smear gratis untuk masyarakat ini dilakukan oleh dokter spesialis patologi anatomik dari FK UNAIR -RSUD Dr. Soetomo. Tidak sendiri, mereka juga dibantu oleh para tenaga kesehatan di RSUD Hikmah Sawi, Bangkalan.

Sebelumnya, pada tanggal 19 Juli 2023, nakes ini sudah diberikan penyuluhan mengenai tata laksana Pap Smear dan kanker serviks secara daring.

“Kami yakin para nakes sudah memahami prosedur Pap Smear yang benar. Penyuluhan yang kami berikan hanya untuk refresh pengetahuan saja,” imbuh Dokter Dyah.

Selain Pap Smear, peserta yang hadir juga diberikan penyuluhan mengenai pentingnya deteksi dini kanker serviks.

Serangkaian kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat dari Departemen PA FK UNAIR untuk mendorong perempuan menjadi lebih mawas akan kesehatannya. (ISM)