Agustus 10, 2022

Departemen Patologi Anatomi FK UNAIR Berikan Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Payudara

Minggu, 27 Maret 2022, Departemen Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) memberikan penyuluhan untuk masyarakat Perumahan Griyo Kebun Agung 1, Sukodono, Sidoarjo dengan tema Deteksi Dini Kanker Payudara.

Penyuluhan ini merupakan program pengabdian masyarakat Departemen Patologi Anatomi yang dilakukan secara hybrid. Dengan penyuluhan offline pertama yang diadakan semenjak pandemi. Dengan total peserta yang mengikuti sebanyak 35 orang, termasuk 6 orang PPDS dan 10 orang masyarakat Perumahan Griyo Kebun Agung yang hadir di lokasi.

Koordinator Program Studi (Kaprodi) Departemen Patologi Anatomi, Dr. Anny Setijo Rahaju, dr., Sp.PA(K) merupakan pembicara utama untuk penyuluhan ini. Bersama dengan Alphania Rahniayu, dr., Sp.PA(K) sebagai moderator.

Kanker payudara sendiri merupakan kanker paling umum diantara wanita di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Di Indonesia sendiri, kanker payudara menempati urutan pertama kanker tersering pada wanita. Seringkali kanker ini terdeteksi saat sudah stadium lanjut, hal ini membuat pengobatan untuk pasien terlambat dan tidak efektif.

Tujuan dari penyuluhan ini adalah agar masyarakat dapat belajar cara mendeteksi kanker payudara semenjak dini. Baik dari metode untuk memeriksa payudara yang dapat dilakukan oleh diri sendiri, serta mengetahui faktor resiko disertai tanda dan gejala kanker payudara.

Setelah penyuluhan selesai diberikan, acara dilanjutkan dengan sesi praktek SADARI (perikSA payuDAra sendiRI), tanya jawab dengan narasumber, serta pembagian suvenir dan doorprize.

Meskipun acara harus selesai lebih awal dikarenakan hujan deras di area Sukodono, Sidoarjo. Acara dapat ditutup dengan baik, sekiranya masyarakat bisa mendapatkan ilmu yang berguna, baik untuk diri mereka sendiri, maupun orang-orang penting yang ada di sekitar mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *