Oktober 24, 2022

Departemen Neurologi FK Unair adakan Pengmas Cegah Stroke dengan Edukasi dan Pemeriksaan di Puskesmas Mojo

Dalam rangka menyambut hari stroke sedunia, Departemen Neurologi FK Unair gercep (gerak cepat) dengan mengadakan kegiatan edukasi masyarakat di Puskesmas Mojo. Hari stroke sedunia diperingati setiap tanggal 29 Oktober untuk pengingat mengenai bahaya stroke.

Stroke merupakan penyebab kematian utama di Indonesia menurut data badan kesehatan WHO yang dirilis tahun 2019.

Sebelum menjadi stroke, pasien biasanya memiliki suatu kondisi. Hal ini dikenal sebagai faktor risiko stroke.

Faktor risiko stroke banyak sekali. Diantaranya: usia tua, laki-laki, hipertensi, diabetes, dislipidemia, merokok, kegemukan dan lain-lain.

Sedangkan gejala stroke dapat berupa wajah merot, lemah separuh tubuh, gangguan berbahasa dan lain-lain. Namun yang sering terlupakan gejala stroke bisa berupa keluhan  gangguan kognitif seperti sulit konsentrasi, mudah lupa.

Untuk itulah, kegiatan Edukasi stroke diadakan pada tanggal 22 Oktober 2022. Acara tersebut melibatkan para dosen dan ppds neurologi FK UNAIR.

Puskesmas Mojo dipilih karena lokasi dekat dengan kampus FK. Dr Ratna M.Kes sebagai Kepala Puskesmas Mojo sangat mendukung kegiatan ini. Dr Ratna merupakan alumni FK UNAIR angkatan 2000.

Kegiatan diawali dengan penyuluhan stroke yang disampaikan oleh dr. Ilham. Materi penyuluhan berisikan pengetahuan mengenai gejala, macam, penyebab, pencegahan stroke. Juga bila terdapat gejala stroke segera ke rumah sakit. Diakhir penyuluhan, selain memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bertanya, panitia juga memberikan sejumlah pertanyaan untuk mengetahui pemahaman masyarakat disertai pemberian hadiah bagi masyarakat yang bisa menjawab.

Setelah edukasi, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan  fungsi kognitif yang meliputi orientasi, registrasi, atensi, kalkulasi dan berbahasa. Kemudian dilakukan pemeriksaan darah seperti kolesterol dan gula darah acak (GDA) dan konsultasi dengan dokter spesialis Neurologi yaitu dr. Ratna Anggraini Sp.N(K) dan dr. Sita Setyowatie Sp.N.

Dr. Sita setyowatie sebagai ketua panitia berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin dan terus berkelanjutan sehingga masyarakat akan lebih waspada dengan gejala stroke dan mendapatkan penanganan lebih cepat.(MSA/ Sita/ Dewi)