Mei 29, 2024

Dekan FK UNAIR Berangkatkan Mahasiswa PhD Ke China

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR), Prof. Dr. Budi Santoso, dr., Sp.OG, Subsp. F.E.R memberangkatkan tiga dosen untuk menempuh studi PhD di China Medical University (CMU), Selasa, 28 Mei 2024.

Dosen yang diberangkatkan antara lain Arya Satya Rajanagara, dr, Irmi Syafa’ah dr., Sp.P dan Farah Fatma Wati dr., Sp.P. Ketiganya akan menempuh pendidikan beberapa tahun di bidang ilmu biomedis.

“Dalam pelepasan ini kita menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne airlangga agar mengingatkan para mahasiswa ini (setelah lulus) bisa kembali dan membangun almamater,” ujar dekan saat memberikan pesan.

Berbeda dengan Irmi dan Farah yang sudah mengantongi gelar dokter spesialis, Arya berangkat PhD ketika ia baru lulus dokter dua tahun lalu. Itu artinya dia menempuh jalur pendidikan berbeda dari dokter pada umumnya yang mendahulukan studi klinis.

“Karena itu sengaja kami undang teman-temannya agar bisa memberikan spirit keberanian untuk mengambil jalan yang berbeda,” ujar Prof Budi sembari menyapa sejawat dokter juga mahasiswa yang melepas keberangkatan Arya.

Prof. Dr. Eri Gumilar, Sp.OG(K) juga memberikan pesan agar para mahasiswa ini memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin. Menempuh pendidikan di CMU artinya kesempatan yang baik untuk berkolaborasi dengan mahasiswa dan ilmuwan dari universitas kelas dunia.

“Ini awal mula untuk memulai misi Unair. Setidaknya untuk berkolaborasi dengan orang-orang yang ada di universitas kelas dunia,” pesannya.

Mewakili dua sejawatnya, Arya berterima kasih kepada FK UNAIR yang telah memfasilitasi sejak proses seleksi hingga bisa berangkat. Ia menyebut proses seleksi sudah dimulai sejak Oktober 2024 lalu. Profesor dari CMU sendiri yang menguji mereka langsung di FK UNAIR.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pak dekan dan Prof Eri yang akhirnya bisa membuka peluang untuk saya. Karena saya hanya alumni muda yang baru lulus dua tahun,” ucapnya.

Awalnya ada empat orang yang akan berangkat. Namun karena ada satu dan lain hal, akhirnya ada tiga orang yang berangkat.

Bersama yang akan berangkat ini, ada 7 dosen FK UNAIR yang sedang menamatkan studi PhD di CMU yang merupakan program kerjasama antara FK UNAIR dengan CMU. (ism)