Desember 24, 2021

BEM KM FK UNAIR Jalin Kerjasama Dengan FFI (Forum For Indonesia) Mengadakan Bakti Sosial Untuk Masyarakat Nelayan Surabaya

Sebagai mahasiswa yang diproyeksi sebagai pemimpin di masa depan tentu saja harus memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Selain itu perguruan tinggi tidak boleh menutup mata terhadap problematika yang ada dilingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu BEM KM FK Unair melalui staf divisi pengabdian masyarakat yang juga bekerja sama dengan salah satu organisasi kepemudaan FFI (Forum For Indonesia) mengadakan kegiatan sosial berjudul “MADANI” Masyarakat Hebat Hadapi Pandemi pada hari Sabtu, 27 November 2021 yang berlokasi di jalan cumpat, Kenjeran, Surabaya.

Kegiatan ini berlangsung mulai pagi hingga siang hari dan mendapat banyak respon positif dari masyarakat terbukti salah satu peserta mengatakan “Enak mas, kegiatan ini gratis. Saya tidak pernah melakukan hal seperti ini sebelumnya. Saya tahu dari poster yang ditempel di gang,” ungkapnya.

Selain itu dari wawancara penulis terhadap masyarakat juga disimpulkan bahwa mereka berharap kepedulian mahasiswa bisa semakin tinggi karena mereka berasal dari golongan menengah kebawah yang kesulitan secara ekonomi untuk mengakses layanan kesehatan.

Tim dari BEM KM FK UNAIR dan FFI (Forum For Indonesia)

Total ada puluhan peserta yang mayoritas ibu-ibu hadir untuk melakukan tes kesehatan dasar yang meliputi cek gula darah, diabetes, tekanan darah, tinggi badan dan berat badan. Dari hasil pemeriksaan didapati cukup banyak masyarakat yang memiliki kendala darah tinggi dan diabetes. Mengetahui hal tersebut maka tim juga melakukan Komunikasi Informasi dan Edukasi agar masyarakat bisa mengendalikan gaya hidup sehat.

Muhammad Akbar William selaku ketua FFI Surabaya menuturkan bahwa selama pandemi sebenarnya banyak sekali kegiatan yang ingin dilakukan untuk memecahkan problematika di masyarakat. Namun terkendala dengan situasi. “Karena sekarang sudah di akhir kepengurusan, Jadi Kita kepikiran untuk melakukan kegiatan secara offline yang bermanfaat untuk masyarakat” ujarnya.

Naskah : Maulana Hanif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *