Agustus 11, 2022

Bakti Pengobatan Gratis FK Unair di Desa Bendunganjati

Sabtu, 30 Juli 2022, telah diadakan pengobatan gratis oleh mahasiswa dan dokter-dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Kegiatan tersebut dilakukan di gedung MTs MA Hikmatul Amanah, Bendunganjati, Pacet, Mojokerto dan berlangsung pada pukul 08.00 WIB sampai 14.00 WIB. Kegiatan tersebut ditujukan untuk warga Desa Bendunganjati yang tersebar pada 7 dusun. Rangkaian kegiatan pengobatan gratis meliputi pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan, pengisian kuesioner, pemeriksaan tanda-tanda vital, anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan kadar GDA-kolesterol-asam urat, pemberian obat, dan pemberian sembako. Selain itu terdapat pemeriksaan swab antigen gratis bagi warga yang datang dengan indikasi ISPA.

Antusiasme warga dalam mengikuti kegiatan tersebut sudah terlihat bahkan sejak pembagian kupon pengobatan gratis ke setiap dusun pada beberapa hari sebelum rangkaian acara. Ketika hari pengobatan gratis, warga datang ke lokasi pengobatan gratis dan mengantre dengan tertib di lapangan MTs MA Hikmatul Amanah sebelum dipanggil masuk sesuai nomor antrian menuju pos-pos rangkaian pengobatan gratis yang berada di ruang-ruang kelas. Dokter dan mahasiswa yang bertugas akan memberikan pelayanan kepada warga sesuai dengan alur dan pos yang sudah tersedia.

Rangkaian pengobatan gratis berlangsung dengan lancar dan mampu memberikan pelayanan kepada 212 warga. Selain itu tercatat juga 180 sembako berhasil dibagikan dan 18 warga mendapat pelayanan swab gratis. Kelancaran pengabdian berupa pengobatan gratis tersebut tidak lain merupakan hasil kerjasama yang apik antara 10 dokter dan 52 mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Selain itu, terlaksananya kegiatan tersebut juga karena peran dari civitas MTs MA Hikmatul Amanah dan pihak Puskesmas Pandan yang kooperatif. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga karena pada acara tersebut dapat melakukan pengabdian berupa pengobatan gratis bagi warga Desa Bendunganjati tanpa menarik biaya sepeser pun.

Universitas Airlangga, excellence with morality!

Oleh : Muhammad Andika Rifqi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *