Maret 23, 2022

Alumni Punya Peranan Penting dalam Memajukan FK UNAIR

Alumni memegang peran krusial untuk memajukan pendidikan di Fakultas Kedokteran UNAIR. Alumni bisa memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan almamater meskipun sudah lulus dari institusinya.

Dr. Eighty Mardiyan Kurniyawati, dr., Sp.OG(K) menuturkan, peran strategis terhadap kampus tidak melulu ditunjukkan saat mahasiswa masih aktif di kampus. Namun lebih dari itu, bisa dilakukan ketika menjadi alumni.

“Ini merupakan kolaborasi. Artinya tidak hanya sisi positif akan didapatkan oleh institusi pendidikan, tapi juga sisi positif yang akan didapatkan oleh seorang alumni,” terangnya dalam sesi pembekalan dokter spesialis 1 dan spesialis 2 FK UNAIR angkatan 140 tahun 2022.

Kolaborasi ini merupakan sebuah simbiosis mutualisme. Di mana jika nama istitusi baik, maka nama baik lulusannya juga ikut terangkat.

Misalnya untuk mencapai akreditasi nasional maupun internasional, peran itu tidak hanya dibebankan pada pengelola pendidikan saja. Lebih dari itu, juga dibutuhkan peran mahasiswa dan alumni.

Dalam penilaian borang akreditasi, akan ada sebuah tracer study. Merupakan sebuah riset yang dipertanggungjawabkan pada lembaga akreditasi yang terkait alumni. Dalam borang tersebut juga ditunjukkan bagaimana peran alumni. Misalnya dalam memimpin institusi tertentu, peran alumni untuk pengabdian masyarakat, bangsa dan negara alumni berprestasi atau peran alumni dalam memberikan pendanaan pada institusi pendidikan.

“Karenanya nantinya, jika adik-adik mendapat email permintaan menjadi responden tracer study, kami mohon waktunya untuk mengisi. Biasanya email ini kami kirimkan di awal tahun,” terangnya.

Konsultan kandungan ini juga berharap agar nantinya, ke manapun alumni mengabdi, institusi bisa dengan mudah mendapatkan data maupun kontribusi dari alumni. Apalagi lulusan dokter spesialis menempati prosentase terbesar dari jumlah mahasiswa yang ada dengan presentase 37,4 persen dari total 4455 mahasiswa.

Tak hanya itu, alumni juga bisa berkontribusi melalui pengabdian masyarakat yang sering digagas FK UNAIR bersama alumni dan RSTKA, maupun melalui publikasi-publikasi ilmiah.

Untuk saat ini sendiri, ranking UNAIR sudah menduduki posisi 465 dunia. Sementara untuk fakultas kedokteran UNAIR sudah berada di angka 551-600 dunia. Dan ini, tak lepas dari peran alumni. (ISM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *