SPM

PROFIL SATUAN PENJAMINAN MUTU

 
SEJARAH SPM

Berawal tahun 2005 dalam upaya meningkatkan dan menjaga mutu Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) telah membentuk kepanitiaan Satuan Penjaminan Mutu Fakultas yang disebut Panitia Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas Kedokteran.

Tahun 2006, sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Nomor : 914 /J03.1.17/PP/2006 tanggal : 1 September 2006, disusun kembali struktur organisasi Penjaminan Mutu FK UNAIR yang semula disebut Unit Penjaminan Mutu (UPM) menjadi Satuan Jaminan Mutu (SJM) dengan tugas melaksanakan, memertahankan, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang lebih berdaya guna, bersih dan bertanggungjawab.

Tahun 2007, sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Nomor : 315/J03.1.17/PP/2007 tanggal : 31 Januari 2007, merupakan pencabutan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga No. 914 /J03.1.17/PP/2006. Dengan nama teap Tim Satuan Penjamin Mutu (SJM) dengan tugas melaksanakan, mempertahankan, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang lebih berdaya guna, bersih dan bertanggungjawab.

Tahun 2008, sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Nomor : 853/J03.1.17/PP/2008 tanggal : 7 Juli 2008, tentang Susunan Pengurus Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Periode 2008 – 2010 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Istilah nama Satuan Penjaminan Mutu (SPM) masih diberlakukan sampai saat ini.

Sejak tahun 2005, FK UNAIR telah melaksanakan Audit Internal melalui program universitas dan melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu, selain dokumen mutu yang sudah dibuat, FK UNAIR telah melaksanakan Audit Mutu Akademik (AMA) yang merupakan Audit Internal Sistem Penjaminan Mutu, menganggarkan pendanaan untuk terlaksananya sistem penjaminan mutu, mempunyai prosedur evaluasi diri dan membuat evaluasi diri setiap tahun, melakukan analisis, monitoring dan tindak lanjut perbaikan demi pencapaian standar mutu dan peningkatan menuju yang lebih baik.

Tahun 2011, FK UNAIR bersama dengan beberapa fakultas lain (Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Perikanan dan Kelautan) ikut dalam Audit Internal dengan nama Airlangga Integrated Management System (AIMS) yang diselenggarakan Universitas Airlangga dengan bekerjasama Badan Sertifikasi Eksternal yaitu Badan Sertifikasi Bureau Veritas. Tahun 2012 sampai 2015, UNAIR bekerjasama dengan Badan Sertifikasi Indonesia (BSI). Tahun 2016 sampai saat ini, UNAIR kembali bekerjasama dengan Badan Sertifikasi Indonesia dengan nama DeCRA.

Tahun 2016 sampai saat ini, secara operasional Satuan Penjaminan Mutu FK UNAIR sudah berjalan dengan baik dan telah berperan aktif pada seluruh kegiatan program studi di tingkat Fakultas. FK UNAIR merupakan fakultas yang mempunyai 43 Program Studi (Prodi). Dalam memonitoring peningkatan mutu pembelajaran di Prodi tersebut, SPM FK UNAIR membentuk organ baru yang menjadi penghubung Prodi sehingga alur proses pembelajaran dapat dimonitor secara baik. Organ SPM FK UNAIR diresmikan oleh Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedoteran Universitas Airlangga No. 355/H3.1.1/KD/2012 tentang Pengangkatan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Program Studi di Lingkungan FK UNAIR.

Tahun 2017 sampai dengan saat ini, Unit SPM merupakan unit pendukung yang mempunyai peran penting dalam membantu dan mendukung proses penyelenggaraan akreditasi/re-akreditasi 43 Prodi di FK UNAIR. Selama 2 tahun terakhir, Unit SPM melakukan kegiatan persiapan akreditasi pada 25 Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 (PPDS-1) yang merupakan perubahan awal status akreditasi dari lembaga kolegium menjadi Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

 
VISI DAN MISI SPM FK UNAIR

Visi Unit Satuan Penjaminan Mutu (SPM) FK UNAIR
Menjadi unit penunjang Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang handal dalam mewujudkan visinya menjadi Fakultas Kedokteran yang bermartabat, kompettitif, unggul, berjiwa enterpreneur di tingkat nasional dan internasional berbasis riset dan teknologi terkini dalam menunjang proses pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2020.

Misi Unit Satuan Penjaminan Mutu (SPM) FK UNAIR
1. Bersama Pimpinan Fakultas mengkoordinasi aktifitas penjaminan mutu di tingkat fakultas
2. Bersama Pimpinan Fakultas dan unsur fakultas lainnya menyusun dan mengelola sistem dokumentasi mutu
3. Membuat pangkalan data Fakultas yang terintegrasi pada University Airlangga Cyber Campus (UACC)
4. Menyelenggarakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
5. Menyelenggarakan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) oleh Lembaga Mandiri di luar perguruan tinggi seperti BAN-PT, LAM-PTKes dan Badan atau       Lembaga Sertifikasi Nasional (Bureau Varietas, BSI, dan DeCRA) maupun Internasional (AUN-QA, WFME)

TUPOKSI SATUAN PENJAMINAN MUTU DAN GUGUS PENJAMINAN MUTU
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

No. Unit Tupoksi
1. SPM (Tingkat Fakultas) 1. Mengkoordinasikan aktivitas penjaminan mutu di unit kerja
2. Menyusun dan mengembangkan sistem dokumentasi mutu yang terdiri dari :
a) Sasaran mutu
b) Peta Proses
c) Pedoman Prosedur
d) Instruksi kerja
e) Borang dan dokumen pendukung lainnya
3. Melakukan monitoring dan evaluasi aktivitas dan program dalam rangka pencapaian sasaran mutu
4. Mengkoordinasikan pelaksaan audit internal dan eksternal pada unit kerja
5. Memonitor dan memastikan tindak lanjut hasil temuan audit internal dan eksternal telah dilaksanakan
6. Melaksanakandan mengevaluasi pengukuran kinerja di unit kerja
7. Melaksanakandan mengevaluasi pengukuran kepuasan layanan di unit kerja
8. Menyiapkan dan menyusun bahan RTM unit kerja
2. GPM (Tingkat Prodi) 1. Bersama koordinator program studi (KPS) mengkoordinasikan aktivitas penjaminan mutu akademik dan nonakademikdi tingkat program studi
2. Bersama koordinator program studi (KPS) menyusun dan mengembangkan sistem dokumentasi mutu yang terdiri dari
(a) Sasaran mutu
(b) Spesifikasi Prodi
(c) Instruksi kerja
(d) borang dan dokumen pendukung lainnya
(e) Laporan Evaluasi Diri (LED)
(f ) Laporan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED)/PD DIKTI
3. Bersama koordinator program studi (KPS) melakukan persiapan untuk kepentingan akreditasi atau re-akreditasi
4. Membantu koordinator program studi (KPS) dalam memonitor dan mengevaluasi aktivitas dan program kerja dalam rangka pencapaian sasaran mutu sesuai RENSTRA Prodi secara reguler
5. Memonitor dan memastikan tindak lanjut hasil temuan audit internal dan eksternal telah dilaksanakan.

 

TUPOKSI KOORDINATOR DIVISI DI SATUAN PENJAMINAN MUTU
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

No. Koordinator Divisi Tupoksi
1. Monitoring dan Evaluasi Internal 1. Mengukur kinerja dalam upaya pencapaian sasaran mutu unit kerja. Dengan melihat kepatuhan pada Pedoman Mutu, Pedoman Prosedur, Instruksi Kerja, dan dokumen pendukung lainnya.
2. Monitoring dan mengevaluasi pengukuran evaluasi pengalaman belajar program studi untuk melihat kepuasan stakeholder khususnya lulusan terhadap kinerja fakultas dalam aspek atribut (1) lulusan (kompetensi) yang dilaksanakan oleh prodi, (2) proses pembelajaran secara umum, (3) sumberdaya pendukung proses pembelajaran, serta (4) layanan dan kegiatan kemahasiswaan.
3. Monitoring dan mengevaluasi pengukuran evaluasi proses pembelajaran setiap semester oleh seluruh program studi yang mengukur kinerja dosen dalam proses pembelajaran khususnya dikaitkan dengan aspek dosen sebagai perencana, fasilitator, dan evaluator pembelajaran. Evaluasi ini meliputi (a) kinerja dosen dalam perkuliahan, (b) kinerja dosen/asisten dosen dalam praktikum, dan (c) kinerja dosen dalam pembimbingan skripsi
4. Monitoring dan mengevaluasi pengukuran evaluasi kinerja ketua departemen yang dilakukan melalui survey yang melibatkan seluruh anggota departemen. Aspek yang ditelaah di antaranya mencakup persepsi anggota departemen pada leadership in teaching, leadership in research & community services, fair & efficient managemet, strategi dan visi, kepimpinan tranformasional & kolaboratif, dan interpersonal skills
5. Monitoring dan mengevaluasi pengukuran evaluasi kinerja tenaga administrasi departemen dan fakultas. Dengan menganalisa hasil survey untuk mengukur kinerja dalam pelayanan administratif di tingkat departemen dan fakultas. Survey ini melibatkan dosen dan mahasiswa sebagai responden
6. Monitoring dan mengevaluasi pengukuran evaluasi kinerja dosen dalam perwalian. Dengan menganalisa hasil survey yang dilakukan untuk memastikan kinerja dosen wali dalam pembimbingan akademik mahasiswa setiap semester telah dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi perwalian, Monitoring dan mengevaluasi pengukuran survey tentang aspek pemberian kesempatan untuk berkembang dan terlibat dalam organisasi (Learning & Growth survey). Survey ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kepuasan seluruh staf baik dosen dan tenaga kependidikan dalam aspek pengembangan personal, pengembangan professional, dan keterlibatan (engagement) dalam organisasi.
2. Evaluasi Diri 1. Memperoleh potret yang komprehensif mengenai kinerja program studi secara keseluruhan
2. Melaksanakan monitor dan evaluasi tentang penyusunan laporan evaluasi diri program studi yang wajib setiap tahunnya
3. Melaksanakan review laporan evaluasi diri program studi sebelum diserahkan ke BPP UNAIR
4. Melaporkan hasil evaluasi diri ke Dekan untuk menjadi salah satu referensi bagi fakultas, departemen, program studi, dan unit kerja lainnya untuk menyusun program kerja atau rencana kerja dan anggaran tahunan (RKAT)
3. Audit Internal AIMS 1. Mengkoordinasi aktivitas audit mutu internal tingkat Fakultas dan Unit Kerja,
2. Mengkoordinasi aktivitas audit mutu internal Program Studi bersama unit penjaminan mutu Fakultas
3. Mengkoordinasi aktivitas pengukuran kinerja Tridharma di Universitas
4. Merekap hasil temuan audit internal serta memastikan tindak lanjut hasil temuan telah dilaksanakan
5. Mengkoordinasi program pelatihan auditor mutu internal
6. Mengkoordinasi kegiatan bantuan teknis audit mutu internal program studi bila diperlukan
7. Melakukan pengkajian dan pengembangan prosedur dan instrumen audit mutu internal dan pengukuran
8. Menyusun laporan akhir tahun kegiatan
4. Audit Eksternal AIMS 1. Menyiapkan dan menyusun bahan RTM Universitas dengan berkoordinasi dengan bidang Audit Internal
2. Mengkoordinasi aktivitas audit mutu eksternal tingkat Fakultas, Program Studi dan Unit Kerja
3. Mendistribusikan hasil temuan audit eksternal ke seluruh unit kerja, merekap dan melaporkan tindak lanjut dari unit kerja ke lembaga audit eksternal
4. Memonitor dan memastikan tindak lanjut hasil temuan audit eksternal telah dilaksanakan
5. Melakukan pengkajian dan pengembangan sistem dokumentasi
6. Menyusun laporan kegiatan
5. Akreditasi Non Spesialis Dan Spesialis 1. Mengkoordinasikan pelaksanaan akreditasi institusi dan Program Studi Non Spesialis dan Spesialis
2. Melakukan pemetaan peringkat akreditasi untuk seluruh Program Studi di bawah Universitas Airlangga
3. Mengkoordinasikan kegiatan bantuan teknis akreditasi atau re-akreditasi program studi di lingkungan Universitas Airlangga
4. Monitoring dan evaluasi tindak lanjut masukan asesor pada Program Studi yang telah terakreditasi berdasarkan Berita Acara Visitasi Akreditasi
5. Mengkoordinasi program pelatihan asesor internal
6. Menyusun laporan akhir tahun kegiatan
6. Akreditasi / Sertifikasi Internasional 1. Memetakan prodi dengan akreditasi A yang belum terakreditasi/ tersertifikasi internasional
2. Melakukan workshop dan pendampingan penyusunan dokumen akreditasi/sertifikasi internasional (misalnya Self Assessment Report – Quality Assessment AUN)
3. Mengkoordinasikan kegiatan bantuan teknis akreditasi/sertifikasi atau re-akreditasi internasional pada Program Studi di lingkungan Universitas Airlangga
4. Mempersiapkan dan memfasilitasi Program Studi yang akan di visitasi oleh lembaga akreditasi/ sertifikasi internasional
5. Memonitor dan mengevaluasi tindak lanjut masukan asesor pada Program Studi yang telah terakreditasi/ tersertifikasi internasional
6. Menyusun laporan akhir tahun kegiatan

PENGALAMAN AKTIVITAS KOORDINATOR DIVISI DI SATUAN PENJAMINAN MUTU DAN GUGUS PENJAMINAN MUTU
FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS AIRLANGGA

No. Nama Jabatan Pengalaman Aktivitas Tim SPM
1. Dr. Maftuchah Rochmanti, dr., M.Kes Ketua 1. Pelatihan dan Uji Kompetensi Auditor Akademik Internal Universitas, PPM UNAIR Surabaya, Tahun 2008
2. Internal Quality Auditor Training, Premysis Consulting Surabaya, Tahun 2009
3. Pelatihan Reviewer Untuk PHK-I dan PHK-PKPD (HPEQ), DPT DIKTI Jakarta, Tahun 2009
4. Interpretation of ISO 9001 2008 and Internal Auditor Training, BV Certification Surabaya, Tahun 2010
5. Pelatihan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal Untuk Institusi Pendidikan,Dokter dan Profesi Kesehatan, FK UGM Yogyakarta, Tahun 2011
6. Narasumber dalam Pelatihan Penjaminan Mutu Internal Untuk PS Pendidikan Dokter, FK UNAIR Surabaya, Tahun 2011
7. Narasumber dalam In House Training PenyusunanDokumen Akreditasi PS Pendidikan Dokter, FK UNISMUH Makassar, Tahun 2011
8. Narasumber dalam Pelatihan & Simulasi Akreditasi PS Pendidikan Dokter, FK UMSU Medan, Tahun 2011
9. Course Assessment and Examination for The Quality Management Systems Auditor/ Lead Auditor Training Course (Based on ISO 9001/2008 Standard), IRCA Certified – BV Certification Surabaya, Tahun 2012
10. Training Pendalaman Interpretasi Kriteria Kinerja Ekselen Malcolm Baldrige 2011-2012 untuk Perguruan Tinggi, IQA Foundation Jakarta, Tahun 2012
11. Sertifikasi Examiner untuk Interpretasi Kriteria Kinerja Ekselen Malcolm Baldrige 2011-2012, IQA Foundation Bali, Tahun 2012
12. AUN-QATraining Course Accomplishing Programme Assessment (TIER-1), AUN Bangkok Thailand, Tahun 2012
13. ISO 9001 2015 & ISO 14001 2015 Seminar and Workshop, BSI Surabaya, Tahun 2015
14. Training of Tutor (TOT) Asesor Internal Akreditasi, BPM UNAIR Surabaya, Tahun 2016
15. Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri PS Pendidikan Dokter FK UNAIR, Tahun 2007-2016
16. Tim Akreditasi PS Pendidikan Dokter FK UNAIR, Tahun 2007, Tahun 2012 dan Tahun 2015
17. Tim Auditor Internal Program Studi, Fakultas dan Unit Kerja FK UNAIR, Tahun 2009-2016
18. Tim Assesor Internal Akreditasi Kolegium Spesialis Mikrobiologi Klinik, Tahun 2012
19. Tim Telaah Dokumen Akreditasi Internasional ASIIN UNAIR, Tahun 2017
20. Anggota Unit Satuan Jaminan Mutu FK UNAIR, Tahun 2006-2007
21. Sekretaris Unit Satuan Penjaminan Mutu FK UNAIR, Tahun 2008-2015
22. Ketua Unit Satuan Penjaminan Mutu FK UNAIR, Tahun 2016-2020
23. Koordinator Bidang Akreditasi Internasional BPM UNAIR, Tahun 2016-2017
2. Dr. Arie Utariani, dr., Sp.An.KIC.KAP Sekretaris-1 1. Sekretaris-1 Unit Satuan Penjaminan Mutu FK UNAIR, Tahun 2016-2020
2. Tim Asesor LAM-PTKes, Tahun 2016-2017
3. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2015-2016
4. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
5. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Sarjana di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
6. Tim Penyusun Evaluasi Diri Prodi Spesialis-1 Anestesiologi FK UNAIR, Tahun 2016
7. Seminar dan Diskusi Panel Akreditasi Program Studi di FK UNAIR Bersama Narasumber dari LAM-PTKes, Tahun 2016
8. Lokakarya Akselerasi Penyusunan Dokumen Akreditasi Program Studi Program Pendidikan Dokter Spesialis – 1 FK UNAIR, Tahun 2016
9. Lokakarya Penyusunan Dokumen Akreditasi Borang Unit Pengelola Program Studi FK UNAIR (Standar 6 Keuangan), Tahun 2017
3. Nily Sulistyorini, dr., Sp.F Sekretaris-2 1. Sekretari-2 Unit Satuan Penjaminna Mutu FK UNAIR, Tahun 2017-2020
2. Tim Auditor Internal Program Studi di FK UNAIR, Tahun 2015 -2016
3. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2015-2016
4. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
5. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Sarjana di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
6. Tim Penyusun Evaluasi Diri Prodi Sp1 Ilmu Kedokteran Forensik FK UNAIR, Tahun 2016
7. Tim Penyusun Evaluasi Diri Prodi S1 Pendidikan Dokter FK UNAIR, Tahun 2016
8. Seminar dan Diskusi Panel Akreditasi Program Studi di FK UNAIR Bersama Narasumber dari LAM-PTKes, Tahun 2016
9. Lokakarya Akselerasi Penyusunan Dokumen Akreditasi Program Studi Program Pendidikan Dokter Spesialis FK UNAIR, Tahun 2016
10. Lokakarya Penyusunan Dokumen Akreditasi Borang Unit Pengelola Program Studi FK UNAIR (Standar 6 Keuangan), Tahun 2017
4. Izzatul Fithriyah, dr., Sp.KJ Monitoring dan Evaluasi Internal 1. Tim Akreditasi Prodi Sp1 Psikiatri FK UNAIR 2016
2. Tim Penyusun SE Prodi Sp1 Psikiatri Tahun 2014, 2015, 2016
3. Tim Pelatihan Reviewer Laporan Evaluasi Diri di FK UNAIR Tahun 2012
4. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2015-2016
5. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
6. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Sarjana di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
7. Anggota SPM FK UNAIR Koordinator Divisi Monevin, Tahun 2017-2020
5. Sri Wijayanti, dr., M.Imun Evaluasi Diri 1. Anggota Tim Penyusunan SE FK UNAIR Tahun 2013-2016
2. Anggota Tim Penyusunan Borang Akreditasi Tahun 2014-2016
3. Anggota Satuan Penjaminan Mutu (SPM) FK UNAIR Tahun 2011-2015
4. Anggota SPM FK UNAIR Koordinator Divisi Evaluasi Diri, Tahun 2017-2020
5. Anggota Tim Finalisasi Borang Akreditasi BAN-PT Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR Tahun 2011
6. Anggota Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR Tahun 2012
7. Anggota Tim Penyusun Borang dan Finalisasi Dokumen SAR Sesuai Kriteria AUN-QA Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR Tahun 2012-2013
8. Anggota Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR Tahun 2013
9. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2015-2016
10. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
11. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Sarjana di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
6. Rimbun, dr., M.Si Audit Internal AIMS 1. Anggota Tim Penyusun Borang Akreditasi LAM-PTKes Prodi Profesi Kedokteran FK UNAIR, Tahun 2014
2. Anggota Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR, Tahun 2014
3. Sekretaris Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR, Tahun 2015
4. Anggota SPM FK UNAIR Koordinator Divisi Audit Internal, Tahun 2017-2020
5. Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR, Tahun 2016-2020
6. Ketua Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR, Tahun 2016
7. Auditor Internal AIMS UNAIR Tahun 2016
8. Ketua Gugus Penjaminan Mutu Prodi S1 Kedokteran FK UNAIR, Tahun 2016-2020
9. Anggota SPM FK UNAIR Koordinator Divisi Akreditasi Prodi Spesialis, Tahun 2016
10. Lokakarya Akselerasi Penyusunan Dokumen Akreditasi Program Studi Program Pendidikan Dokter Spesialis – 1 FK UNAIR, Tahun 2016
7. Mira Irmawati, dr., Sp.A(K) Audit Eksternal AIMS 1. Pelatihan Auditor Internal UNAIR, Tahun 2016
2. Tim Auditor Internal Program Studi di FK UNAIR, Tahun 2016
3. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
4. Tim Penyusun Evaluasi Diri Prodi Spesialis-1 Ilmu Kesehatan Anak FK UNAIR, Tahun 2016
5. Seminar dan Diskusi Panel Akreditasi Program Studi di FK UNAIR Bersama Narasumber dari LAM-PTKes, Tahun 2016
6. Lokakarya Akselerasi Penyusunan Dokumen Akreditasi Borang Unit Pengelola Program Studi FK UNAIR (Standar 6 Keuangan), Tahun 2017
7. Ketua Gugus Penjaminan Mutu Prodi Sp2 Ilmu Kesehatan Anak FK UNAIR, Tahun 2016-2020
8. Anggota SPM FK UNAIR Koordinator Divisi Audit Eksternal, Tahun 2017-2020
8. Zakiyatul Faizah, dr., M.Si Akreditasi Prodi Non Spesialis 1. Tim Penyusunan SE Prodi S2 IKR, Tahun 2008-2011
2. Tim Akreditasi Prodi S2 IKR, Tahun 2009
3. Pelatihan Reviewer SE di FK UNAIR, Tahun 2012
4. Tim Reviewer SE Prodi di Lingkungan FK UNAIR, Tahun 2013-2015
5. Tim Penyusunan Borang Akreditasi, Tahun 2016
6. Anggota SPM FK UNAIR Koordinator Divisi Akreditasi Non Spesialis, Tahun 2017-2020
7. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2015-2016
8. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
9. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Sarjana di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
10. Lokakarya Akselerasi Penyusunan Dokumen Akreditasi Borang Unit Pengelola Program Studi FK UNAIR (Standar 6 Keuangan), Tahun 2017
9. Wardah Rahmatul Islamiyah, dr., Sp.S Akreditasi Prodi Spesialis 1. Anggota SPM FK UNAIR Koordinator Divisi Akreditasi Spesialis, Tahun 2017-2020
2. Tim Penyusun SE Prodi Sp1 Neurologi FK UNAIR, Tahun 2010-2015
3. Tim Reviewer SE Prodi Spesialis FK UNAIR, Tahun 2014-2016
4. Tim Penyusun SE FK UNAIR, Tahun 2016
5. Tim Penyusun Borang 3B FK UNAIR, Tahun 2015
6. Tim Assesor Kolegium Neurologi Indonesia, Tahun 2012
7. Tim Auditor Eksternal AIMS UNAIR, Tahun 2015-2016
8. Tim Auditor Internal AIMS FK UNAIR, Tahun 2015-2016
9. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2015-2016
10. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
11. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Sarjana di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
12. Lokakarya Akselerasi Penyusunan Dokumen Akreditasi Borang Unit Pengelola Program Studi FK UNAIR (Standar 6 Keuangan), Tahun 2017
10. Tri Hartini Yuliawati, dr., M.Ked Akreditasi / Sertifikasi Internasional 1. Anggota SPM FK UNAIR Koordinator Divisi Akreditasi/ Sertifikasi Internasional, Tahun 2017-2020
2. Pelatihan Auditor Internal AIMS UNAIR, Tahun 2011
3. Pelatihan Penjaminan Mutu Internal dalam Rangka Program Hibah Kompetisi PKPD FK UNAIR, Tahun 2011
4. Interpretation Course of Baldridge Creteria 2011-2012, Jakarta Tahun 2012
5. AUN-QA Training Course for Accomplishing Programmed Assessment di Bangkok, Tahun 2012
6. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2015-2016
7. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Spesialis-1 di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
8. Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi Sarjana di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
9. Lokakarya Akselerasi Penyusunan Dokumen Akreditasi Borang Unit Pengelola Program Studi FK UNAIR (Standar 6 Keuangan), Tahun 2017

Dalam tugas pokok dan fungsinya, SPM FK UNAIR merencanakan seluruh kegiatan yang diselenggarakan dengan membentuk dan menyusun time frame atau target kinerja dalam waktu yang telah ditentukan, seperti berikut:

No. Program Rutin Tahun 2019
Jan Peb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nop Des
1 Penyusunan Program Kerja Unit SPM FK UNAIR 2019                        
2 Persiapan Pelaksanaan Audit Laboratorium FK UNAIR 2018 (tertunda)                        
3 Koordinasi Pimpinan untuk Penyusunan Laporan Kontrak Kinerja FK UNAIR 2019                        
4 Monitoring Pembenahan Sistem Data Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Studi S1, S2, S3, Spesialis-1 dan Subspesialis (Sp2)                        
5 Koordinasi Tindak Lanjut Monitoring dan Hasil Evaluasi Tugas GPM Prodi S1, S2, S3, Sp1 dan Sp2 Tahun 2019                        
6 Pendampingan, Simulasi/Roadshow, Penyusunan Dokumen Pendukung, Dan Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Program Studi Spesialis-1 Ilmu Bedah Anak                        
7 Pelaksanaan Updating Data Dosen FK UNAIR 2019 Dengan Verifikasi Data Departemen (Homebase Dosen)                        
8 Penyusunan Borang Akreditasi Internasional ASIIN Prodi S1 Kedokteran Dan Pendidikan Profesi Dokter                        
9 Pendampingan Simulasi Dan Penyusunan Dokumen Pendukung Persiapan Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN Prodi S1 Kedokteran Dan Pendidikan Profesi Dokter                        
10 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi Internasional ASIIN Prodi S1 Kedokteran Dan Pendidikan Profesi Dokter                        
11 Pendampingan, Simulasi/Roadshow, Penyusunan Dokumen Pendukung, Dan Pelaksanaan Visitasi Re-Akreditasi LAM-PTKes Program Studi S2 Ilmu Kedokteran Klinik                        
12 Pendampingan, Simulasi/Roadshow, Penyusunan Dokumen Pendukung, Dan Pelaksanaan Visitasi Re-Akreditasi LAM-PTKes Program Studi S2 (Magister)                        
13 Pendampingan, Simulasi/Roadshow, Penyusunan Dokumen Pendukung, Dan Pelaksanaan Visitasi Re-Akreditasi LAM-PTKes Program Studi S3 (Doktor)                        
14 Koordinasi Penyusunan, Review dan Revisi Dokumen Laporan Evaluasi Diri (LED) untuk seluruh Prodi di FK UNAIR                        
15 Monitoring Capaian Sasaran Mutu Tahun 2019 Seluruh Prodi FK UNAIR                        
16 Pelaksanaan Audit Internal AIMS Prodi dan Fakultas Periode 2019                        
17 Pelaksanaan RTM FK UNAIR Periode 2019                        
18 Pelaksanaan Audit Laboratorium FK UNAIR 2019                        
19 Pelaksanaan Roadshow Audit Bagian/Departemen/Prodi Persiapan Audit Eksternal AIMS FK UNAIR 2019                        
20 Persiapan dan Pelaksanaan Audit Eksternal AIMS FK UNAIR Tahun 2019                        
21 Penyusunan Laporan Akhir Tahun Unit Kerja FK UNAIR Tahun 2019                        
 
KEGIATAN SATUAN PENJAMINAN MUTU FK UNAIR
I. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

1. Audit Internal Program Studi dan Fakultas
Pada tahun 2017, hasil audit kepatuhan yang dilakukan oleh Auditor Internal FK UNAIR dapat digambarkan pada trend kecenderungan hasil audit internal program studi yang menunjukkan predikat Excellence Leader, Emerging leader, Good Performance, Early Improvement, Early Result dan Early Development dapat ditunjukkan pada tabel berikut :

Pada tahun 2018, hasil audit kepatuhan yang dilakukan oleh Auditor Internal FK UNAIR dapat digambarkan pada trend kecenderungan hasil audit internal program studi yang menunjukkan predikat Excellence Leader, Emerging leader, Good Performance, Early Improvement, Early Result dan Early Development dapat ditunjukkan pada tabel berikut :

2. AIMS (Airlangga Integrated Manajemen System)
Di tahun 2018, Program Audit Internal AIMS Universitas Airlangga terkait rekognisi Dekan dengan Rektor untuk pelaksanaan program audit internal dengan Badan sertifikasi eksternal memacu FK UNAIR meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang baik, benar dan sesuai pedoman prosedur yang berlaku. Adapun standar Audit Internal Program Studi dan Fakultas yang dilakukan dalam Audit Internal AIMS Universitas Airlangga yang telah meraih sertifikat dengan mengacu pada : a. ISO 9001 : 2015 b. ISO 21001 : 2018

Sertifikat Audit Internal AIMS UNAIR

II. Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME)

1. Akreditasi Eksternal (Kolegium, BAN-PT dan LAM-PTKes)
Tugas SPM FK UNAIR dalam proses akreditasi dan re-akreditasi Program Studi (Prodi) di FK UNAIR, yaitu mendampingi, membimbing dan memonitor program studi dalam melakukan kegiatan penyusunan dokumen akreditasi yang sesuai dengan borang Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Berikut peringkat nilai, masa berlaku, status, dan masa re-akreditasi Program Studi di FK UNAIR yang telah terakreditasi LAM-PTKes di tahun 2018 sampai saat ini :

2. Sertifikasi Internasional Program Studi ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA)
Tahun 2013, FK UNAIR melalui perwakilan Program Studi Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter telah tersertifikasi tingkat internasional melalui Badan Sertifikasi Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA). Tepatnya tanggal 28 – 30 Oktober 2013 Program Studi Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter FK UNAIR dikunjungi oleh Asesor AUN-QA dalam rangka asesmen lapangan guna memverifikasi dokumen AUN-QA yang sudah divalidasi oleh Badan AUN-QA di Bangkok, Thailand. Tahun 2018, tepatnya tanggal 13 – 15 Februari 2018 Program Studi Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan FK UNAIR dikunjungi oleh Asesor AUN-QA dalam rangka asesmen lapangan guna memverifikasi dokumen AUN-QA yang sudah divalidasi oleh Badan AUN-QA di Bangkok, Thailand. Dan Program Studi Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan tersertifikasi AUN-QA. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rekognisi program studi pada tingkat internasional dengan menggunakan standart dari AUN-QA. Pada 1 Desember 2013 Program Studi Kedokteran Dan Pendidikan Profesi Dokter FK UNAIR telah menerima sertifikat AUN-QA dengan nilai 4,4. Pada tanggal 15 Maret 2018 Program Studi Kebidanan Dan Pendidikan Profesi Bidan telah menerima sertifikat AUN-QA dengan nilai 4,7. Hal ini menunjukkan kedua program studi tersebut diakui oleh internasional sebagai program studi yang bermutu dengan manajemen pendidikan yang berkualitas baik.

3. Rekognisi Internasional Badan Akreditasi LAM-PTKes
Di tahun 2018, FK UNAIR kembali mendapat tantangan untuk memajukan program studi lebih diakui oleh dunia internasional. UNAIR menjadi salah satu Universitas pertama yang ditunjuk oleh LAM-PTKes dalam mengikuti program rekognisi internasional LAM-PTKes dengan Lembaga Sertifikasi Internasional yang dikenal dengan nama WFME (World Federation For Medical Education) dengan menujuk Program Studi Kedokteran Dan Pendidikan Profesi Dokter sebagai perwakilan LAM-PTKes rekognisi WFME dari FK UNAIR. Tepat di tanggal 14 – 16 Maret 2019, asesmen lapangan dilakukan oleh asesor LAM-PTKes rekognisi WFME pada Program Studi Kedokteran Dan Pendidikan Profesi Dokter FK UNAIR sekaligus merupakan proses re-akreditasi yang dilakukan oleh Prodi tersebut. Tepat tanggal 14 April 2018 LAM-PTKes lulus rekognisi WFME, secara tidak langsung Program Studi Kedokteran Dan Pendidikan Profesi Dokter FK UNAIR juga telah lulus dan terakreditasi A dengan rekognisi WFME di tingkat Internasional.

4. Rekognisi Central of Excellence (CoE)
Dalam upaya peningkatan kualitas tenaga bidan di Indonesia, Badan Pusat Pendidikan SDM (PPSDM) kesehatan yang bekerjasama dengan United Nations Population Funds (UNFPA) telah menunjuk Program Studi Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan FK UNAIR sebagai kandidat terpilih Centre Of Excellence (COE). Dan tepat tanggal 4 – 5 Desember 2018 Program Studi Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan FK UNAIR dikunjungi oleh Asesor COE dalam rangka asesmen lapangan guna memverifikasi dokumen COE yang sudah divalidasi oleh Badan PPSDM dan UNFPA.

5. Kegiatan lain yang diselenggarakan SPM FK UNAIR
Tahun 2018 sampai saat ini SPM FK UNAIR telah menyelenggarakan kegiatan seperti pelatihan, lokakarya, seminar, pendampingan ataupun penyusunan dokumen yang berhubungan dengan peningkatan mutu program studi sampai dengan acara yang memberikan manfaat besar bagi Koordinator Program Studi (KPS), Departemen, Unit dan civitas akademik FK UNAIR. Adapun kegiatan yang terekam oleh SPM FK UNAIR di tahun 2018 sampai saat ini adalah :

No. Kegiatan Tanggal Kegiatan
1 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Radiologi 18-19 Januari 2018
2 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Patologi Klinik 25-26 Januari 2018
3 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi 2-3 Februari 2018
4 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Ilmu Kesehatan Mata 8-9 Februari 2018
5 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Patologi Anatomi 22-23 Februari 2018
7 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Neurologi 23-24 Februari 2018
8 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Ilmu Kesehatan Kulit Dan Kelamin 15-16 Maret 2018
7 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Urologi 22-24 Maret 2018
8 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Bedah Saraf 22-24 Maret 2018
9 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Ilmu Kedokteran Forensik 26-27 Maret 2018
10 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Bedah Plastik Rekonstruksi & Estetik 5-7 April 2018
11 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Ilmu Kesehatan THT-KL 9-10 April 2018
12 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Andrologi 12-14 April 2018
13 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Ilmu Orthopaedi & Traumatologi 19-20 April 2018
14 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Mikrobiologi Klinik 10-11 Mei 2018
15 Pelaksanaan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Prodi Sp1 Obstetri & Ginekologi 25-26 Juni 2018
16 Penyusunan Laporan Evaluasi Diri Program Studi 1 – 9 September 2018
17 Kegiatan Audit Internal AIMS Prodi dan Fakultas 4 – 20 Oktober 2018
18 Kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) 1 November 2018
19 Kegiatan Audit Eksternal AIMS Fakultas 7 November 2018
20 Pelaksanaan Koordinasi Penyusunan Dokumen Akreditasi ASIIN FK UNAIR 11 Desember 2018 – Maret 2019
21 Pelaksanaan Audit Internal Laboratorium Pre-Klinik di FK UNAIR 22 – 28 Januari 2019
22 Pelaksanaan Audit Eksternal Laboratorium Pre-Klinik di FK UNAIR 6 dan 8 Februari 2019
23 Pelaksanaan Lokakarya Penyusunan Dokumen Kurikulum Prodi untuk ASIIN 7 – 8 Februari 2019

COMING SOON ^_^

Dr. Maftuchah Rochmanti, dr., M.Kes

Ketua

Dr. Arie Utariani, dr., Sp.An., KAP

Sekretaris

Nily Sulistyorini, dr., Sp.F

Sekretaris

Izzatul Fithriyah, dr., Sp.KJ

Koordinator

Sri Wijayanti, dr., M.Imun

Koordinator

Rimbun, dr., M.Si

Koordinator

Mira Irmawati, dr., Sp.A(K)

Koordinator

Zakiyatul Faizah, dr., M.Si

Koordinator

Wardah Rahmatul I, dr., Sp.S

Koordinator

Tri Hartini Yuliawati, dr., M.Ked

Koordinator
X