SPM

SPM

PROFIL Satuan Penjaminan Mutu

SEJARAH SPM

Berawal tahun 2005 dalam upaya meningkatkan dan menjaga mutu Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) telah membentuk kepanitiaan Satuan Penjaminan Mutu Fakultas yang disebut Panitia Unit Penjaminan Mutu (UPM) Fakultas Kedokteran.

Tahun 2006, sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Nomor : 914 /J03.1.17/PP/2006 tanggal : 1 September 2006, disusun kembali struktur organisasi Penjaminan Mutu FK UNAIR yang semula disebut Unit Penjaminan Mutu (UPM) menjadi Satuan Jaminan Mutu (SJM) dengan tugas melaksanakan, memertahankan, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang lebih berdaya guna, bersih dan bertanggungjawab.

Tahun 2007, sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Nomor : 315/J03.1.17/PP/2007 tanggal : 31 Januari 2007, merupakan pencabutan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga No. 914 /J03.1.17/PP/2006. Dengan nama teap Tim Satuan Penjamin Mutu (SJM) dengan tugas melaksanakan, mempertahankan, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang lebih berdaya guna, bersih dan bertanggungjawab.

Tahun 2008, sesuai dengan Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Nomor : 853/J03.1.17/PP/2008 tanggal : 7 Juli 2008, tentang Susunan Pengurus Satuan Penjaminan Mutu (SPM) Periode 2008 – 2010 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Istilah nama Satuan Penjaminan Mutu (SPM) masih diberlakukan sampai saat ini.

Sejak tahun 2005, FK UNAIR telah melaksanakan Audit Internal melalui program universitas dan melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu, selain dokumen mutu yang sudah dibuat, FK UNAIR telah melaksanakan Audit Mutu Akademik (AMA) yang merupakan Audit Internal Sistem Penjaminan Mutu, menganggarkan pendanaan untuk terlaksananya sistem penjaminan mutu, mempunyai prosedur evaluasi diri dan membuat evaluasi diri setiap tahun, melakukan analisis, monitoring dan tindak lanjut perbaikan demi pencapaian standar mutu dan peningkatan menuju yang lebih baik.

Tahun 2011, FK UNAIR bersama dengan beberapa fakultas lain (Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Perikanan dan Kelautan) ikut dalam Audit Internal dengan nama Airlangga Integrated Management System (AIMS) yang diselenggarakan Universitas Airlangga dengan bekerjasama Badan Sertifikasi Eksternal yaitu Badan Sertifikasi Bureau Veritas. Tahun 2012 sampai 2015, UNAIR bekerjasama dengan Badan Sertifikasi Indonesia (BSI). Tahun 2016 sampai saat ini, UNAIR kembali bekerjasama dengan Badan Sertifikasi Indonesia dengan nama DeCRA.

Tahun 2016 sampai saat ini, secara operasional Satuan Penjaminan Mutu FK UNAIR sudah berjalan dengan baik dan telah berperan aktif pada seluruh kegiatan program studi di tingkat Fakultas. FK UNAIR merupakan fakultas yang mempunyai 43 Program Studi (Prodi). Dalam memonitoring peningkatan mutu pembelajaran di Prodi tersebut, SPM FK UNAIR membentuk organ baru yang menjadi penghubung Prodi sehingga alur proses pembelajaran dapat dimonitor secara baik. Organ SPM FK UNAIR diresmikan oleh Surat Keputusan Dekan Fakultas Kedoteran Universitas Airlangga No. 355/H3.1.1/KD/2012 tentang Pengangkatan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Program Studi di Lingkungan FK UNAIR.

VISI DAN MISI SPM FK UNAIR

Visi Unit Satuan Penjaminan Mutu (SPM) FK UNAIR
Menjadi unit penunjang Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang handal dalam mewujudkan visinya menjadi Fakultas Kedokteran yang bermartabat, kompettitif, unggul, berjiwa enterpreneur di tingkat nasional dan internasional berbasis riset dan teknologi terkini dalam menunjang proses pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat pada tahun 2020.

Misi Unit Satuan Penjaminan Mutu (SPM) FK UNAIR
1. Bersama Pimpinan Fakultas mengkoordinasi aktifitas penjaminan mutu di tingkat fakultas
2. Bersama Pimpinan Fakultas dan unsur fakultas lainnya menyusun dan mengelola sistem dokumentasi mutu
3. Membuat pangkalan data Fakultas yang terintegrasi pada University Airlangga Cyber Campus (UACC)
4. Menyelenggarakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)
5. Menyelenggarakan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) oleh Lembaga Mandiri di luar perguruan tinggi seperti BAN-PT, LAM-PTKes dan Badan atau       Lembaga Sertifikasi Nasional (Bureau Varietas, BSI, dan DeCRA) maupun Internasional (AUN-QA, WFME)

TUGAS POKOK DAN FUNGSI SPM DAN GPM FK UNAIR

Tugas Pokok dan Fungsi Satuan Penjaminan Mutu (SPM) FK UNAIR

  1. Mengkoordinasikan aktivitas penjaminan mutu di unit kerja
  2. Menyusun dan mengembangkan sistem dokumentasi mutu yang terdiri dari:
    a. Sasaran mutu
    b. Peta Proses
    c. Pedoman Prosedur
    d. Instruksi kerja
    e. Borang dan dokumen pendukung lainnya
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi aktivitas dan program dalam rangka pencapaian sasaran mutu
  4. Mengkoordinasikan pelaksaan audit internal dan eksternal pada unit kerja
  5. Memonitor dan memastikan tindak lanjut hasil temuan audit internal dan eksternal telah dilaksanakan
  6. Melaksanakandan mengevaluasi pengukuran kinerja di unit kerja
  7. Melaksanakandan mengevaluasi pengukuran kepuasan layanan di unit kerja
  8. Menyiapkan dan menyusun bahan RTM unit kerja

 Tugas Pokok dan Fungsi Gugus Penjaminan Mutu (GPM) FK UNAIR

  1. Bersama koordinator program studi (KPS) mengkoordinasikan aktivitas penjaminan mutu akademik dan nonakademikdi tingkat program studi
  2. Bersama koordinator program studi (KPS) menyusun dan mengembangkan sistem dokumentasi mutu yang terdiri dari:
    a. Sasaran mutu
    b. Spesifikasi Prodi
    c. Instruksi kerja
    d. borang dan dokumen pendukung lainnya
    e. Laporan Evaluasi Diri (LED)
    f.  Laporan Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED)/PD DIKTI
  3. Bersama koordinator program studi (KPS) melakukan persiapan untuk kepentingan akreditasi atau re-akreditasi
  4. Membantu koordinator program studi (KPS) dalam memonitor dan mengevaluasi aktivitas dan program kerja dalam rangka pencapaian sasaran mutu sesuai RENSTRA Prodi secara regular
  5. Memonitor dan memastikan tindak lanjut hasil temuan audit internal dan eksternal telah dilaksanakan.

Maftuchah Rochmanti, dr., M.Kes

Ketua

Dr. Arie Utariani, dr., Sp.An., KAP

Sekretaris

Nily Sulistyorini, dr., Sp.F

Sekretaris

Izzatul Fithriyah, dr., Sp.KJ

Koordinator

Sri Wijayanti, dr., M.Imun

Koordinator

Rimbun, dr., M.Si

Koordinator

Mira Irmawati, dr., Sp.A(K)

Koordinator

Zakiyatul Faizah, dr., M.Si

Koordinator

Wardah Rahmatul I, dr., Sp.S

Koordinator

Tri Hartini Yuliawati, dr., M.Ked

Koordinator
Tupoksi dan Pengalaman Aktivitas Koordinator Divisi SPM

Pengalaman aktivitas Penjaminan Mutu masing-masing koordinator divisi di SPM FK UNAIR (klik kolom jabatan koordinator) sebagai berikut :

No Nama Jabatan Pengalaman Aktivitas Penjaminan Mutu
1 Maftuchah Rochmanti, dr., M.Kes Ketua – Pelatihan dan Uji Kompetensi Auditor Akademik Internal Universitas, PPM UNAIR Surabaya Tahun 2008
– Internal Quality Auditor Training, Premysis Consulting Surabaya, Tahun 2009
– Pelatihan Reviewer Untuk PHK-I dan PHK-PKPD (HPEQ), DPT DIKTI Jakarta, Tahun 2009
– Interpretation of ISO 9001:2008 and Internal Auditor Training, BV Certification Surabaya Tahun 2010
– Pelatihan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal Untuk Institusi Pendidikan,Dokter dan Profesi Kesehatan, FK UGM Yogyakarta, Tahun 2011
– Narasumber dalam Pelatihan Penjaminan Mutu Internal Untuk PS Pendidikan Dokter, FK UNAIR Surabaya, Tahun 2011
– Narasumber dalam In House Training PenyusunanDokumen Akreditasi PS Pendidikan Dokter, FK UNISMUH Makassar, Tahun 2011
– Narasumber dalam Pelatihan & Simulasi Akreditasi PS Pendidikan Dokter, FK UMSU Medan, Tahun 2011
– Course Assessment and Examination for The Quality Management Systems Auditor/Lead Auditor Training Course (Based on ISO 9001/2008 Standard), IRCA Certified – BV Certification Surabaya, Tahun 2012
– Training Pendalaman Interpretasi Kriteria Kinerja Ekselen Malcolm Baldrige 2011-2012 untuk Perguruan Tinggi, IQA FoundationJakarta, Tahun 2012
– Sertifikasi Examiner untuk Interpretasi Kriteria Kinerja Ekselen Malcolm Baldrige 2011-2012, IQA Foundation Bali, Tahun 2012
– AUN-QATraining Course Accomplishing Programme Assessment (TIER-1), AUN Bangkok Thailand, Tahun 2012
– ISO 9001:2015 & ISO 14001:2015 Seminar and Workshop, BSI Surabaya, Tahun 2015
– Training of Tutor (TOT) Asesor Internal Akreditasi, BPM UNAIR Surabaya, Tahun 2016
– Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri PS Pendidikan Dokter FK UNAIR, Tahun 2007-2016
– Tim Akreditasi PS Pendidikan Dokter FK UNAIR, Tahun 2007, Tahun 2012 dan Tahun 2015
– Tim Auditor Internal Program Studi, Fakultas dan Unit Kerja FK UNAIR, Tahun 2009-2016
– Tim Assesor Internal Akreditasi Kolegium Spesialis Mikrobiologi Klinik, Tahun 2012
– Tim Telaah Dokumen Akreditasi Internasional ASIIN UNAIR, Tahun 2017
– Anggota Unit Satuan Jaminan Mutu FK UNAIR, Tahun 2006-2007
-Sekretaris Unit Satuan Penjaminan Mutu FK UNAIR, Tahun 2008-2015
– Ketua Unit Satuan Penjaminan Mutu FK UNAIR, Tahun 2016-2020
– Koordinator Bidang Akreditasi Internasional BPM UNAIR, Tahun 2016-2017
2 Dr. Arie Utariani, dr., Sp.An., KAP Sekretaris 1 – Sekretaris-2 Unit Satuan Penjaminan Mutu FK UNAIR, Tahun 2016-2020
– Asesor LAM-PTKes, Tahun 2016-2017
– Lokakarya Akselerasi Penyusunan Dokumen Akreditasi Program Studi Program Pendidikan Dokter Spesialis – 1 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Tahun 2016
– Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi di FK UNAIR, Tahun 2015-2017
– Tim Penyusun Evaluasi Diri Prodi Spesialis-1 Anestesiologi FK UNAIR, Tahun 2016
– Seminar dan Diskusi Panel Akreditasi Program Studi di FK UNAIR Bersama Narasumber dari LAM-PTKes, Tahun 2016
– Lokakarya Penyusunan Dokumen Akreditasi Borang Unit Pengelola Program Studi FK UNAIR (Standar 6 Keuangan), Tahun 2017
3 Nily Sulistyorini, dr., Sp.F Sekretaris 2 – Pelatihan Auditor Internal UNAIR, Tahun 2015
– Anggota SPM FK UNAIR Koordinator Divisi Audit Eksternal, Tahun 2016
– Sekretari-2 Unit Satuan Penjaminna Mutu FK UNAIR, Tahun 2017-2020
– Lokakarya Akselerasi Penyusunan Dokumen Akreditasi Program Studi Program Pendidikan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Tahun 2016
– Tim Auditor Internal Program Studi di FK UNAIR, Tahun 2015 -2016
– Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi di FK UNAIR, Tahun 2015-2016
– Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
– Tim Penyusun Evaluasi Diri Prodi Sp1 Ilmu Kedokteran Forensik FK UNAIR, Tahun 2016
– Tim Penyusun Evaluasi Diri Prodi S1 Pendidikan Dokter FK UNAIR, Tahun 2016
– Seminar dan Diskusi Panel Akreditasi Program Studi di FK UNAIR Bersama Narasumber dari LAM-PTKes, Tahun 2016
– Lokakarya Penyusunan Dokumen Akreditasi Borang Unit Pengelola Program Studi FK UNAIR (Standar 6 Keuangan), Tahun 2017
4 Izzatul Fithriyah, dr., Sp.KJ Koordinator Divisi Monitoring dan Evaluasi Diri – Tim Akreditasi Prodi Sp1 Psikiatri FK UNAIR 2016
– Tim Penyusun SE Prodi Sp1 Psikiatri Tahun 2014, 2015, 2016
5 Sri Wijayanti, dr., M.Imun Koordinator Divisi Evaluasi Diri – Pelatihan Reviewer Laporan Evaluasi Diri di FK UNAIR Tahun 2012
– Anggota Tim Penyusunan SE FK UNAIR Tahun 2013-2016
– Anggota Tim Penyusunan Borang Akreditasi Tahun 2014-2016
6 Rimbun, dr., M.Si Koordinator Divisi Audit Internal – Anggota Satuan Penjaminan Mutu (SPM) FK UNAIR Tahun 2011-2015
– Anggota Tim Finalisasi Borang Akreditasi BAN-PT Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR Tahun 2011
– Anggota Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR Tahun 2012
– Anggota Penyusunan Borang dan Finalisasi Dokumen SAR Sesuai Kriteria AUN-QA Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR Tahun 2012-2013
– Anggota Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR Tahun 2013
– Anggota Tim Penyusun Borang Akreditasi LAM-PTKes Prodi Profesi Kedokteran FK UNAIR Tahun 2014
– Anggota Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR Tahun 2014
– Sekretaris Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR Tahun 2015
– Anggota Satuan Penjaminan Mutu (SPM) FK UNAIR Tahun 2016-2020
– Ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR Tahun 2016-2020
– Ketua Tim Penyusun Laporan Evaluasi Diri Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR Tahun 2016
– Auditor Internal AIMS UNAIR Tahun 2016
7 Mira Irmawati, dr., Sp.A(K) Koordinator Divisi Audit Eksternal – Ketua Gugus Penjaminan Mutu Prodi Sp1 Ilmu Kesehatan Anak FK UNAIR, Tahun 2016-2020
– Ketua Gugus Penjaminan Mutu Prodi Sp2 Ilmu Kesehatan Anak FK UNAIR, Tahun 2016-2020
– Anggota SPM FK UNAIR Koordinator Divisi Akreditasi Prodi Spesialis, Tahun 2016
– Anggota SPM FK UNAIR Koordinator Divisi Audit Eksternal, Tahun 2017-2020
– Lokakarya Akselerasi Penyusunan Dokumen Akreditasi Program Studi Program Pendidikan Dokter Spesialis – 1 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Tahun 2016
– Pelatihan Auditor Internal UNAIR, Tahun 2016
– Tim Auditor Internal Program Studi di FK UNAIR, Tahun 2016
– Tim Penyusun Borang Akreditasi Unit Pengelola Prodi di FK UNAIR, Tahun 2016-2017
– Tim Penyusun Evaluasi Diri Prodi Spesialis-1 Ilmu Kesehatan Anak FK UNAIR, Tahun 2016
– Seminar dan Diskusi Panel Akreditasi Program Studi di FK UNAIR Bersama Narasumber dari LAM-PTKes, Tahun 2016
– Lokakarya Penyusunan Dokumen Akreditasi Borang Unit Pengelola Program Studi FK UNAIR (Standar 6 Keuangan), Tahun 2017
8 Zakiyatul Faizah, dr., M.Si Koordinator Divisi Akreditasi Non Spesialis – Tim Penyusunan SE Prodi S2 IKR Tahun 2008-2011
– Tim Akreditasi Prodi S2 IKR Tahun 2009
– Pelatihan Reviewer SE di FK UNAIR Tahun 2012
– Tim Reviewer SE Prodi di Lingkungan FK UNAIR Tahun 2013-2015
– Tim Penyusunan Borang Akreditasi Tahun 2016
9 Wardah Rahmatul Islamiyah, dr., Sp.S Koordinator Divisi Akreditasi Spesialis – Tim Penyusun SE Prodi Sp1 Neurologi FK UNAIR Tahun 2010-2015
– Tim Reviewer SE Prodi Spesialis FK UNAIR Tahun 2014-2016
– Tim Penyusun SE FK UNAIR Tahun 2016
– Tim Penyusun Borang 3B FK UNAIR Tahun 2015
– Assesor Kolegium Neurologi Indonesia Tahun 2012
– Auditor Eksternal AIMS UNAIR Tahun 2015-2016
– Auditor Internal AIMS FK UNAIR Tahun 2015-2016
10 Tri Hartini Yuliawati, dr., M.Ked Koordinator Divisi Akreditasi International – Pelatihan Auditor Internal AIMS Tahun 2011
– Pelatihan Penjaminan Mutu Internal dalam Rangka Program Hibah Kompetisi PKPD FK UNAIR Tahun 2011
– Interpretation Course of Baldridge Creteria 2011-2012, Jakarta Tahun 2012
– AUN-QA Training Course for Accomplishing Programmed Assessment di Bangkok Tahun 2012
Program Kerja

Dalam tugas pokok dan fungsinya, SPM FK UNAIR merencanakan seluruh kegiatan yang diselenggarakan dengan membentuk dan menyusun time frame atau target kinerja dalam waktu yang telah ditentukan, seperti berikut:

No. Program Rutin Tahun 2017
Jan Peb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nop Des
1 Seminar dan Diskusi Panel Akreditasi Program Studi di Lingkungan FK UNAIR Bersama Narasumber LAM-PTKes
2 Lokakarya Penyusunan Borang Akreditasi Unit Pengelola Program Studi Standar 6 Keuangan
3 Monitoring Pembenahan Sistem Data Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Dokter, Pendidikan Bidan dan Pendidikan Klinis
4 Monitoring Pembenahan Sistem Data Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Program Spesialis
5 Pendampingan Penyusunan Borang Akreditasi untuk Prodi Spesialis-1 Kardiologi, Psikiatri dan Rehabilitasi Medik
6 Penyusunan Borang Akreditasi Unit Pengelola Program Studi di FK UNAIR Tahun 2016-2017
7 Penyusunan Laporan Tengah Tahun Unit Kerja FK UNAIR 2017
8 Pendampingan Sertifikasi AUN-QA Program Studi Pendidikan Bidan
9 Pendampingan dan follow up berkala pengisian borang akreditasi FINAL yang telah ter-upload di web LAM-PTKes (Prodi Spesialis-1 Kardiologi, Psikiatri dan Rehabilitasi Medik)
10 Pendampingan dan follow up berkala pengisian borang akreditasi untuk 22 Prodi Spesialis-1 lainnya
11 Penelusuran dan Telaah Pengajuan Akreditasi LAM-PTKes Non Spesialis
12 Penelusuran dan Telaah Pengajuan Akreditasi Internasional Bidang Kedokteran
13 Persiapan Pendampingan Simulasi dan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Program Pendidikan Dokter Spesialis-1 Kardiologi, Psikiatri dan Rehabilitasi Medik
14 Persiapan Pendampingan Simulasi dan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Program Pendidikan Dokter Spesialis – 1
15 Koordinasi Penyusunan, Review dan Revisi Dokumen Laporan Evaluasi Diri (LED) untuk seluruh Prodi di FK UNAIR
16 Monitoring Capaian Sasaran Mutu Tahun 2017 Untuk Seluruh Prodi FK UNAIR
17 Pelaksanaan Audit Internal AIMS Prodi dan Fakultas Periode 2017
18 Pelaksanaan RTM FK UNAIR Periode 2017
19 Persiapan dan Pelaksanaan Audit Eksternal AIMS FK UNAIR 2017
20 Penyusunan Laporan Akhir Tahun Unit Kerja FK UNAIR Tahun 2017

 

Kegiatan
KEGIATAN SATUAN PENJAMINAN MUTU FK UNAIR
I. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Audit Internal Program Studi dan Fakultas
Pada tahun 2016, FK UNAIR telah mengikutsertakan 43 Program Studi (termasuk S1, S2, S3, Sp1 dan Sp2) untuk mengikuti pengisian Audit Online, Audit Sistem, dan Audit Kepatuhan yang merupakan program rutin tiap tahun Universitas Airlangga. Dari hasil audit kepatuhan yang dilakukan oleh Auditor Internal FK UNAIR, maka persentase hasil program studi yang menunjukkan predikat Excellence Leader, Emerging leader, Good Performance, Early Improvement, Early Result dan Early Development dapat ditunjukkan pada tabel berikut :

Airlangga Integrated Management System (AIMS)
Setiap tahunnya Universitas Airlangga melaksanakan program audit internal dan eksternal yang dikenal dengan AIMS (Airlangga Integrated management System) dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan secara terintegrasi. Kegiatan AIMS FK UNAIR jatuh pada tanggal 2 November 2016 yang merupakan peristiwa penting bagi civitas akademik FK UNAIR. Dengan kunjungan atau asesmen lapangan (visitasi auditor) dari Tim Auditor Eksternal AIMS Universitas Airlangga diharapkan Fakultas Kedokteran menjadi lebih baik dan berdaya guna di luar institusi atau masyarakat luar UNAIR.

Berdasarkan hasil asesmen lapangan Auditor Eksternal AIMS UNAIR, FK UNAIR mendapat peringkat Excellent Level. Hal ini merupakan beban berat yang harus dilaksanakan oleh FK UNAIR dalam membangun, meningkatkan, dan membudayakan mutu sebagai dasar dalam menjalankan proses pendidikan dan pelayanan di bidang kesehatan dengan manajemen integrasi yang efektif dan efisien sehingga FK UNAIR menjadi terpercaya dan berkualitas di tingkat nasional dan internasional.

Standar Audit Internal Program Studi dan Fakultas yang dilakukan dalam Audit Internal AIMS Universitas Airlangga mengacu pada :
1. ISO 9001 : 2008
2. IWA 2 : 2007
3. MBNQA (MALCOLM BALDRIDGE NATIONAL QUALITY ASSURANCE)

II. Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME)

Akreditasi dan Re-Akreditasi Program Studi
Tugas SPM FK UNAIR dalam proses akreditasi dan re-akreditasi Program Studi (Prodi) di lingkungan FK UNAIR, yaitu mendampingi, membimbing dan memonitor program studi dalam melakukan kegiatan penyusunan dokumen akreditasi yang sesuai dengan borang generik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) ataupun Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Adapun peringkat dan status nilai akreditasi dan re-akreditasi Program Studi tahun 2016 sampai saat ini dapat digambarkan dalam grafik berikut :

ASEAN University Network Quality Assurance (AUN-QA)
Pada tahun 2013, FK UNAIR melalui perwakilan Program Studi Pendidikan Dokter telah mengajukan sertifikasi ke Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA). Tepat pada tanggal 28 – 30 Oktober 2013, FK UNAIR dikunjungi oleh Asesor AUN-QA mengadakan asesmen lapangan guna memverifikasi dokumen AUN-QA yang sudah divalidasi oleh Badan AUNQA di Bangkok, Thailand. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rekognisi program studi pada tingkat regional dengan menggunakan standart dari AUN-QA. Pada 1 Desember 2013 FK UNAIR telah menerima sertifikat AUN-QA dengan nilai 4,4 yang menunjukkan bahwa Prodi Pendidikan Dokter FK UNAIR telah diakui oleh internasional sebagai Prodi yang bermutu dengan manajemen pendidikan yang berkualitas baik.

Kegiatan lain yang diselenggarakan SPM FK UNAIR
Di tahun 2017 sampai saat ini SPM FK UNAIR telah menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti pelatihan, lokakarya, seminar, pendampingan ataupun penyusunan dokumen yang berhubungan dengan peningkatan mutu prodi sampai dengan acara yang memberikan manfaat besar bagi Koordinator Program Studi (KPS), Departemen, Unit dan civitas akademik FK UNAIR. Adapun kegiatan yang terekam oleh SPM FK UNAIR adalah :
1. Penyusunan Borang Akreditasi Unit Pengelola Program Studi Spesialis-1 (12 Februari 2017 – Sekarang)
2. Pelatihan Pendamping Internal Akreditasi Program Studi Spesialis-1 (18 Mei 2017)
3. Workshop Pendampingan Internal Akreditasi Program Studi (25 Juli 2017)
4. Kegiatan Visitasi Asesor Akreditasi LAM-PTKes Program Studi Spesialis-1 Kardiologi & Kedokteran Vaskular (5-7 Juli 2017)
5. Kegiatan Visitasi Asesor Akreditasi LAM-PTKes Program Studi Spesialis-1 Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (25-27 Juli 2017)
6. Lokakarya Akselerasi Pendamping Internal Akreditasi Program Studi Spesialis-1 (2-4 Agustus 2017)
7. Pelaksanaan Visitasi Asesor Akreditasi LAM-PTKes Program Studi Spesialis-1 Psikiatri (10-12 Agustus 2017)
8. Pendampingan Progress AKreditasi Internasional (AUN-QA) Prodi Pendidikan Bidan FK UNAIR (23 Agustus 2016 – Selesai)
9. Progress Akreditasi Internasional untuk Program Studi Pendidikan Dokter FK UNAIR (1 Juli 2017 – Sekarang)
10. Penyusunan Laporan Evaluasi Diri Program Studi Universitas Airlangga (23 Agustus s.d 10 September 2017)
11. Kegiatan Pengisian Instrumen Audit Internal AIMS Fakultas dan Program Studi secara online (11-23 September 2017)
12. Kegiatan Audit Sistem secara online oleh Auditor Audit Internal AIMS Fakultas dan Program Studi (25 September s.d 6 Oktober 2017)
13. Kegiatan Audit Kepatuhan Audit Internal AIMS Fakultas dan Program Studi (2-20 Oktober 2017)
14. Kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Penyampaian Tindak Lanjut Hasil Audit Internal AIMS Prodi dan Fakultas Periode 2017 (31 Oktober 2017)
15. Kegiatan Audit Eksternal AIMS Fakultas (1 November 2017)
16. Pelaksanaan Visitasi Asesor Akreditasi LAM-PTKes Program Studi Spesialis-1 Ilmu Kesehatan Anak (6-8 November 2017)

 

X