Satuan Usaha Akademik

Dr. Lynda Hariani, dr., Sp.BP-RE (K)

Ketua SUA

TENTANG KAMI

SUA FK UNAIR

Satuan Usaha Akademik dapat disingkat SUA adalah salah satu unit kerja pendukung di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. SUA berfungsi sebagai pengembangan kegiatan Tridharma UNAIR yaitu pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan seminar untuk para dokter juga seminar awam, menyediakan buku yang ditulis oleh staf pengajar kedokteran UNAIR juga beberapa kantin, koperasi, toko buku dan souvenir sebagai usaha akademik untuk pelayanan kepada masyarakat yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan dan dalam melakukan kegiatannya di dasarkan para prinsip efisiensi dan produktivitas.

Tugas Pokok dan Fungsi

Satuan Usaha Akademik

● Mengkoordinasikan kegiatan seminar dan pengawasan
terhadap perkembangan usaha di FK UNAIR
● Mengkoordinasikan pemecahan masalah yang berhubungan
dengan perkembangan usaha di FK UNAIR
● Mengkoordinasikan dan mengevaluasi kegiatan
seminar di FK UNAIR
● Memantau perkembangan usaha di lingkungan FK UNAIR
● Melaporkan seluruh perkembangan usaha di lingkungan FK
UNAIR

MEDICINE CAFE

Kantin Hitz FK UNAIR

Kantin Medicine Cafe diresmikan tanggal 16 Februari 2010 oleh Dekan FK UNAIR waktu itu, Prof. Dr. Muhammad Amin, dr.Sp.P(K). Bangunan seluas sekitar 200 m2 itu terbagi menjadi beberapa ruang. Sebagaimana kantin pada umumnya.
Adapun menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Terdapat beberapa stand dengan makanan yang bervariasi, mulai makanan berat seperti soto, pecel, nasi goreng, bakso, sushi, pangsit mie ayam,rawon, menu rumahan ayam geprek, hingga makanan ringan seperti kebab, pentol jamur, rujak dan gado gado juga ada.
Menikmati makanan ditengah ruangan yang nyaman dan ber-AC membuat kantin Med Cafe selalu ramai dikunjungi mahasiswa dan staf pengajar.
Kantin ini juga dalam pengawasan Dinas Kesehatan Kota Surabaya, setiap 6 (enam) bulan sekali dilakukan pemeriksaan bahan makanan dan penyajian, sehingga makanan yang disajikan selalu bersih dan sehat serta bebas bahan pengawet.
Fasilitas VIP Room juga memadai, karena di dalam ruangan tersebut terdapat LCD & Layar Proyektor, serta dapat menampung hingga 12 orang. Adanya ruangan VIP karena dapat digunakan sebagai rapat, atau pertemuan antar alumni FK UNAIR.

Peresmian Museum Cafe

Museum Cafe berdiri

Museum Cafe diresmikan tanggal 21 agustus 2016 oleh Bapak Dekan Prof.Dr.Soetojo, dr., SpU(K) bertepatan dengan kegiatan senam dan jalan sehat keluarga besar FK UNAIR, berlangsung meriah dan penuh kegembiraan.
Pemotongan tumpeng oleh Bapak Dekan beserta Ibu Dekan serta doa bersama agar Cafe Museum Pendidikan Dokter selalu diberi berkah dan bermanfaat.

MUSEUM CAFE

Cafe Minimalis FK UNAIR

Dengan makin tingginya pola gaya hidup perkotaan yang modern, FK UNAIR ikut terdorong untuk mengikuti lifestyle mahasiswa dan civitas akademik yakni bisnis Cafe.
Menjadi tempat bersantap santai atau berkumpul dengan teman-teman disaat jam istirahat , kenyataannya saat ini fungsi cafe sudah jauh lebih berkembang seperti sebagai sarana rapat non formal hingga mengadakan acara komunitas. Inilah yang menjadi alasan lain ide dari Prof. Dr. Soetojo,dr., Sp.U (K) selaku Dekan di FK UNAIR.

Namun di mana ada gula, di situ tentu banyak semut. Demikian juga dengan bisnis cafe yang semakin penuh pesaing. Berbekal penawaran kuliner unik hingga mengandalkan konsep dekorasi kedokteran.
Mayoritas fasilitas yang diberikan kepada civitas akademik semakin bertambah dan berkembang, di cafe ini Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNAIR ini tidak hanya bercita-cita menjadi seorang dokter saja, karena ada yang berbakat menjadi seorang BARISTA.
.
Dr. Lynda Hariani,dr., Sp.BP-RE(K) selaku Ketua SUA bersama Adantio Mahasiswa yang berbakat dengan Barista berkolaborasi di Cafe Museum Pendidikan Dokter FK UNAIR tersebut.
.

Koperasi medika Sejahtera FK UNAIR

Caption For the Image

PERESMIAN KOPERASI BERKAH MEDIKA SEJAHTERA

Toko Toserba FK UNAIR

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Prof. Soetojo, dr., Sp.U(K) meresmikan sebuah Koperasi yang dinamai Koperasi Medika Sejahtera. Peresmian koperasi tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Dekan FK UNAIR didampingi Wakil Rektor I Universitas Airlangga Prof. Djoko Santoso, dr., Sp.PD-KGH., Ph.D., FINASIM.
.
Koperasi Medika Sejahtera merupakan hasil sinergi antara Koperasi Berkah Medika Nusantara’ yang dikelola oleh Alumni dokter FK UNAIR. Peresmian koperasi disaksikan oleh para tamu undangan.
.
Harapan besar dari Prof. Dr .Soetojo, dr., Sp.U(K) agar bisa sebagai latihan untuk seluruh dosen dan mahasiswa kedokteran. Mudah-mudahan koperasi bermanfaat dan barokah secara ekonomi dan mengedukasi.

Mengenal Lebih Jauh MedBook Store dan Souvenir Shop

koleksi buku karangan dokter alumni dan merchandise FK UNAIR

Kesuksesan Book Store Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pertama kali diresmikan tanggal 25 September 2015 oleh Dekan Prof. Dr. Agung Pranoto, dr., M.Kes., Sp.PD, K-EMD, FINASIM yang memiliki visi untuk mengembangkan dunia pendidikan di FK UNAIR dan meningkatkan kesejahteraan demi masa depan secara keseluruhan. Adanya kehadiran Book Store ini tidak terlepas dari masukan Prof. Dr. Nancy Margarita Rehatta, dr., Sp.An.KIC ketua unit MERSDU.

Kini Ketua Satuan Usaha Akademik (SUA) Lynda Hariani, dr., Sp.BP-RE menjelaskan, Book Store terus mengembangkan sayapnya, dengan membuka Souvenir Shop. Book Store dan Souvenir Shop satu lokasi, sekarang tidak hanya dalam penjualan buku, namun juga semakin menberi variasi produknya seperti penjualan beragam aksesoris yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Meskipun Book Store sudah berkembang pesat dan pencapaian tersebut terbilang “lumayan”, kata dr lynda yang dikenal baik dan rendah hati.

Kelebihan Book Store dan Shouvenir Shop:
● Terletak di depan sayap kiri FK UNAIR
● Menjual aneka jenis buku ajar kurikulum
● Menjual alat tulis (ATK) dengan harga terjangkau
● Menyediakan layanan kerjasama keperluan ATK apabila ada seminar

INOVASI SOUVENIR SHOP

Merchandise FK UNAIR

Dalam konteks ini inovasi dipandang sebagai
kemampuan yang dimiliki Ketua Satuan Usaha Akademik (SUA) untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan di lingkungan FK UNAIR, Faktor yang pertama dikategorikan sebagai faktor internal dapat meliputi
kreativitas, keterbukaan, dan kewirausahaan. Ide-ide yang kreatif dan menarik perlu untuk dituangkan dalam bentuk yang lebih konkret berupa produk baru. Pengembangan produk baru merupakan aktivitas yang dilaksanakan oleh
Ketua SUA untuk memperbaiki produk yang telah
dihasilkan dengan cara menambah variasi, ragam,
atau tingkat mutu produk sesuai dengan keinginan
konsumen seperti kebutuhan mahasiswa dan kebutuhan Akademik.

X