Bimbingan Konseling Mahasiswa

BKM

Deskripsi

Unit bimbingan dan konseling/konselor memiliki tugas, tanggung jawab, wewenang dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap peserta didik. Tugas anggota tim bimbingan dan konseling/konselor terkait dengan pengembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, dan kepribadian peserta didik di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Struktur Organisasi

Departemen : Ilmu Kedokteran Jiwa
Rumah : Jl. Wiguna Tengah VI /7 Surabaya
Wisma Gunung Anyar Surabaya

Azimatul Karimah, dr., Sp.KJ.(K).

Ketua

Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas dosen bimbingan dan konseling/konselor yaitu membantu peserta didik dalam:

  1. Pengembangan kehidupan pribadi, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami, menilai bakat dan minat.
  2. Pengembangan kehidupan sosial, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai serta mengembangkan kemampuan hubungan sosial dan industrial yang harmonis, dinamis, berkeadilan dan bermartabat.
  3. Membantu mahasiswa FKUA menyelesaikan masalah terkait pendidikan maupun masalah psikososial yang lain yang berpotensi menjadi kendala selama menjalani masa pendidikan. Membantu dekan memberi pertimbangan dalam pengambilan keputusan terkait masalah psikososial yang dihadapi mahasiwa FKUA.
  4. Pengembangan kemampuan belajar, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik mengembangkan kemampuan belajar untuk mengikuti pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga secara mandiri.
  5. Pengembangan karir, yaitu bidang pelayanan yang membantu peserta didik dalam memahami dan menilai informasi, serta memilih dan mengambil keputusan karir.
  6. Melakukan koordinasi dalam komunikasi antara mahasiswa dengan staf pengajar melalui buku penghubung serta melakukan evaluasi kinerja dosen wali oleh mahasiswa yang bekerja sama dengan Unit Penjaminan Mutu.

Alur Bimbingan dan Konseling

X