Faculty News Maret 2017

Faculty News Maret 2017

Maria Cellina Jadi Sarjana Pendidikan Dokter di Usia 19 Tahun

Jawa Pos : Senin, 13 Maret 2017 21:30

Meski usianya belum menginjak kepala dua, Maria Cellina Wijaya sudah menjadi sarjana pendidikan kedokteran. Cellina meraih gelar SKed pada usia 19 tahun 4 bulan.

Edi Susilo, Surabaya

SENYUM mengembang tampak jelas di wajah Maria Cellina Wijaya pada Sabtu (11/3). Mengenakan kebaya hitam dengan jarit putih bercorak batik, dia menenteng ijazah dan memakai toga. Bersama 2.018 mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) lainnya, Cellina menjadi salah seorang yang diwisuda hari itu. ’’Seneng, akhirnya lulus,’’ terangnya kepada Jawa Pos setelah mengikuti prosesi wisuda di gedung Airlangga Convention Center (ACC). Read More….

Penderita Parkison Tidak Boleh Diam

Jawa Pos Kamis, 16 Maret 2017 08:00

Selama ini kita mengenal parkinson sebagai penyakit tremor yang diderita almarhum Muhammad Ali. Penyebabnya, –kita menyimpulkan– bekas petinju itu sering terkena pukulan di bagian kepala. Itu tidak salah. Namun, sebagai penyakit degeneratif, penyebab pastinya tidak diketahui.

SEIRING dengan bertambahnya usia, organ-organ tubuh juga ikut menua. Termasuk otak yang mengalami penurunan fungsi. Penyakit parkinson muncul karena adanya proses degenerasi pada substansi nigra di otak tengah. Penyebab pasti degenerasi tersebut bersifat idiopatik atau tidak diketahui. Hal itu tidak dapat dicegah.
Read More….

Benjolan pada Rahim Bernama Mioma

Jawa Pos Selasa, 21 Maret 2017 09:00

Jika mendapati siklus haid lebih lama dan darah keluar sangat banyak, waspadai adanya mioma atau juga dikenal miom. Itu merupakan jenis tumor jinak yang tumbuh di rahim perempuan. Mioma tak seganas kanker serviks, tapi tetap membutuhkan penanganan serius.
Setiap perempuan berisiko memiliki mioma di rahimnya. Menurut dr Manggala Pasca W. SPOG, spesialis kebidanan dan kandungan Siloam Hospitals Surabaya, sekitar 15–20 di antara 1.000 perempuan terkena mioma. Read More….

Wajib Kerja Dokter Spesialis Kunci Persebaran Dokter

Jawa Pos Sabtu, 25 Maret 2017 02:00

Anggota Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kerja di Universitas Airlangga (Unair) kemarin (24/3). Kunjungan tersebut dalam rangka melihat kesiapan Unair dalam program wajib kerja dokter spesialis (WKDS). ”Program WKDS ini sebagai langkah pemerintah dalam distribusi tenaga kesehatan di seluruh wilayah. Terutama dari dokter spesialis,” terang Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf. Di indonesia jumlah tenaga dokter mencapai 200 ribu orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 28 ribu orang merupakan dokter spesialis. Persebaran dokter spesialis saat ini masih terfokus pada kota-kota besar. Seperti di Jawa Barat, semisal. Read More….

Kemenristek Gandeng RSUD Dr Soetomo Perkuat Pendidikan Bagi Dokter

Surabaya Tribun News Senin, 27 Maret 2017 17:57

Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) menyerahkan sertifikat pendidik kepada 10 dokter di RSUD dr Soetomo, Surabaya, Senin (27/3/2017).
Penyerahan ini berlangsung di Gedung Bedah Diagnostik Terpadu (GPDT) RSUD Dr Soetomo Surabay dan langsung dilakukan oleh Menteri Ristek Dikti, M Natsir.
Penyerahan sertifikat ini sekaligus memperkuat sinergi antara RSUD Dr Soetomo di bawah pengelolaan Pemprov Jatim dengan Fakultas Kedokteran Unair Negeri Airlangga Surabaya yang berada naungan Kemenristek Dikti.Read More….

X