Faculty In News Sept 2017

Faculty In News Sept 2017

Jangan Lewatkan Tumbuh Kembang Anak pada Dua Tahun Pertama

Jawa Pos Selasa, 12 September 2017 19:12

Setiap orang tua mendambakan memiliki anak yang cerdas. Menurut tokoh pendidikan dan psikologi Amerika Serikat Howard Gardner, anak cerdas bisa memecahkan masalah serta punya kemampuan berkarya.
”Untuk bisa membentuk anak menjadi cerdas, nutrisi dan stimulasi harus diberikan sejak mereka masih dini,” ujar Dr dr Ahmad Suryawan SpA(K) dalam acara Konferensi Ayah Bunda Platinum yang diadakan Morinaga di Grand City Mall & Convex pada akhir pekan (10/9). Read More ….

Skrining Katarak, Faktor Terbesar karena Usia

Jawa Pos Kamis, 14 September 2017 02:04

Katarak berpeluang besar bisa disembuhkan. Namun, mayoritas warga enggan memeriksakan diri ke dokter. Kalau dibiarkan, katarak bisa mengakibatkan kebutaan. Dalam kondisi tersebut, lensa mata menjadi keruh sehingga semakin sedikit cahaya yang melewatinya.
Karena itu, masyarakat diharapkan lebih peduli terhadap kesehatan mata. Selasa (12/9) ada 46 orang yang mengikuti skrining tahap awal untuk mendeteksi katarak di klinik mata Java Cataract and Refractive Center. Read More ….

Surabaya Sukses Lakukan Operasi Jantung Paling Sulit (1)

Jawa Pos Selasa, 19 September 2017 17:30

Tim Bedah Jantung RSUD dr Soetomo Surabaya berhasil melakukan operasi jantung prosedur Bentall tanpa bantuan konsultan asing. Sungguh prestasi yang layak diacungi jempol. Sebab, operasi tersebut termasuk yang supersulit dan paling berisiko. Waktu operasinya pun sangat panjang. Sesulit apa operasi itu? Seberapa besar risikonya dan siapakah pasiennya? Inilah laporan wartawan Jawa Pos Dwi Wahyuningsih yang akan diturunkan bersambung. PENYAKIT jantung bisa mengenai siapa saja, tanpa terkecuali. Read More ….

Tubuh Didinginkan, lantas Aliran Darahnya Dihentikan

Jawa Pos Jumat, 20 September 2017 17:28

Operasi jantung dengan prosedur Bentall termasuk yang tersulit di dunia. Risikonya pun sangat besar. Bukan hanya selama operasi yang memakan waktu hingga delapan jam, tetapi juga sesudahnya. Dan Tim Bedah Jantung RSUD dr Soetomo (RSDS) Surabaya berhasil melakukannya. Sesulit apa operasi itu dan seberapa besar risikonya? Kondisi Ismail yang awal September lalu menjalani operasi jantung dengan prosedur Bentall sudah semakin baik. Dia juga tidak lagi dirawat di ICU dan sudah bisa berkomunikasi dengan lancar. Read More ….

Karena Prof Ito Yakin Kemampuan Murid-muridnya

Jawa Pos Kamis, 21 September 2017 17:34

Salah satu tokoh penting dalam sejarah operasi jantung di Indonesia adalah Prof Dr Med Puruhito dr SpB(K) TKV. Tetapi, siapa menyangka bahwa ahli bedah jantung RSUD dr Soetomo Surabaya itu juga pernah menjalani operasi jantung Bentall. Nama besarnya membuat banyak center jantung terkemuka di luar negeri menawarkan jasa untuk mengoperasi Prof Puruhito. Namun, yang bersangkutan lebih memilih operasi di Surabaya. Mengapa? TIDAK semua yang menjalani operasi jantung adalah orang yang menderita penyakit jantung. Read More ….

Stroke Lebih Mudah Serang Laki-laki, Ini Penyebabnya

Jawa Pos Jumat, 29 September 2017 19:00

Stroke, selain mengalami pergeseran usia, yaitu penderita yang lebih muda, penderita stroke juga banyak didominasi oleh laki-laki. Hal tersebut diungkapkan oleh spesialis Bedah Saraf dr Asra Al Fauzi SpBS. Menurut Asra, ini dikarenakan faktor hormonal. Sehingga membuat laki-laki lebih gampang terserang stroke. ’’Saya hampir tidak menemukan perempuan usia produktif yang terserang stroke,’’ tutur lulusan Shinshu University Hospital Jepang tersebut. Read More ….

Insomnia? Bisa jadi Kamu Cemas akan Sesuatu

Jawa Pos Jumat, 29 September 2017 19:05

Bila dulu insomnia identik dengan para lansia, maka sekarang semua usia dirundung insomnia dengan mudahnya.
Spesialis kejiwaan dr Yunias SpKJ mengatakan, para remaja turut menyumbang angka keadian insomnia yang semakin bertambah. Para remaja tersebut, lanjut Yunias, kebanyakan mengidap intermediate insomnia. Jadi, mereka sering terbangun selama tidurnya. Dan pada jenis ini, penderita mempunyai kecemasan terhadap sesuatu. Read More ….

Nyeri Punggung? Coba Cek Berat Badan

Jawa Pos Jumat, 29 September 2017 19:13

Pengaruh obesitas atau kegemukan memang tidak ada baik-baiknya. Salah satunya adalah LBP (low back pain) atau nyeri punggung bawah.’’Dari sepuluh pasien yang datang ke saya setiap hari. Delapan di antaranya mengeluh karena nyeri punggung. Dan penyebabnya sama-sama obesitas,’’ ungkap spesialis kedokteran fisik rehabilitasi dr Rita Vivera Pane SpKFR. Sebenarnya, hampir semua orang pernah mengalami LBP, apalagi orang yang obesitas. Read More ….

X