Faculty In News Oct 2017

Faculty In News Oct 2017

Sel Punca Jadi Penyelamatan Terakhir Pengobatan Kanker Darah Pada Anak

Jawa Pos Minggu, 01 Oktober 2017 08:05

Penderita kanker anak di dunia terus meningkat. Grafiknya terus naik. Rata-rata kanker yang sering dialami anak adalah kanker darah atau leukemia dan retinablastoma atau kanker pada mata. Di era kemajuan teknologi medis yang semakin pesat, salah satunya dengan terapi sel punca atau stem cell bisa difokuskan untuk mengobati penyakit kanker. Sel punca dalam terapi penyakit leukemia di mana sel punca Hematooetik (HsC) pada darah tali pusat terbukti dapat membantu terapi pengobatan penyakit leukemia. Read More ….

Mengenal Lupus, Penyakit Seribu Wajah

Jawa Pos Selasa 03 Oktober 2017 20:58

Biasanya, penderita SLE (Systemic Lupus Erythematosus) atau lupus baru terdiagnosa dalam kondisi parah. Hal tersebut diduga karena tidak semua orang mengetahui keberadaan penyakit lupus. Spesialis penyakit dalam konsultan rematologi dr Yuliasih SpPD KR mengungkapkan, penderita lupus biasanya akan terdiagnosa setelah melewati proses diagnosa dengan banyak penyakit. Read More ….

Perempuan Lebih Potensi Mengidap Lupus

Jawa Pos Selasa, 03 Oktober 2017 21:06

Menambah informasi mengenai penyakit Systemic Lupus Erythematosus (SLE) alias lupus adalah penting. Selain karena gejalanya yang tidak identik, mayoritas pendeita lupus ternyata juga adalah perempuan. Spesialis penyakit dalam konsultan rematologi RSUD dr Soetomo dr Yuliasih SpPD KR memaparkan, 90 persen penderita lupus adalah perempuan yang berusia produktif. Hal tersebut dikarenakan perempuan mempunyai produktivitas hormon estrogen yang cukup tinggi sehingga memicu aktivitas sel imun tersebut. Read More ….

Cara Efektif Mengurangi Sakit Punggung untuk si Perut Buncit

Jawa Pos Rabu, 04 Oktober 2017 21:21

Usia produktif mempunyai keluhan low back pain (LBP) atau nyeri punggung bawah dewasa ini adalah hal biasa. Spesialis kedokteran fisik rehabilitasi dr Rita Vivera Pane SpKFR mengatakan, dirinya mempunyai pasien yang masih duduk di bangku SMP. Dengan tinggi 150, anak tersebut sudah mempunyai berat 108 kilogram. Salah satu efeknya adalah nyeri punggung bawah tersebut. Namun, berkat ketekukannya untuk berdiet, sang anak bisa menurunkan 16 kilogram dalam satu bulannya. Read More ….

Satu di Antara Enam Orang Menderita Stroke

Jawa Pos Sabtu, 28 Oktober 2017 15:00

Menyambut hari stroke sedunia, tanggal 29 oktober, kita diingatkan kembali untuk memahami kembali suatu ‘silent epidemi’ yang melanda seluruh dunia. Spesialis bedah saraf RSUD dr Soetomo Surabaya Dr dr Asra Al Fauzi Sp BS (K) IFAANS mengatakan, berdasarkan catatan statistik dunia, saat ini satu di antara enam orang menderita stroke, suatu angka yang fantastis. Read More ….

X