Faculty In News Mei 2017

Faculty In News Mei 2017

Cegah Campak Pada Orang Dewasa

Jawa Pos Selasa, 02 Mei 2017 16:58

Tiga hari lalu (29/4) dunia memperingati Hari Imunologi. Sudah digalakkan berbagai imunisasi untuk preventif, tetapi masih banyak penyakit yang muncul karena turunnya imunitas atau kekebalan tubuh. Salah satunya campak. Penyakit itu identik dengan anak kecil, tetapi bisa juga menyerang orang dewasa.
Campak merupakan jenis penyakit yang disebabkan virus family paramyxovirus dari genus morbillivirus. Penularannya sangat mudah. Campak bisa menular melalui udara. Misalnya, lewat batuk atau bersin. Jika seseorang berada cukup dekat dengan penderita, risiko tertular semakin tinggi. Read More….

Mengenal Stroke Perdarahan

Jawa Pos Jumat, 05 Mei 2017 16:45

Dari dua jenis stroke, yaitu stroke penyumbatan dan perdarahan, stroke perdarahan adalah yang paling menakutkan. Karena tidak mempunyai gejala khas, serangannya datang tiba-tiba, hingga membuat koma dan kehilangan nyawa. Angka kejadian stroke perdarahan di Indonesia berbeda dengan Negara barat. Spesialis bedah saraf Surabaya Neuroscience Institute dr Asra Al Fauzi SpBS mengatakan, berdasarkan data epidemologi Negara-negara barat, stroke perdarahan hanya 10-15 persen dari semua jenis kasus stroke. Read More….

Bingung Imunisasi? Baca Ini Dulu

Jawa Pos Jumat, 05 Mei 2017 16:11

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pasti kenal dengan pepatah itu, kan? Banyak cara lho yang bisa kita lakukan agar tubuh terhindar dari penyakit. Salah satunya, imunisasi. Kalian pasti nggak asing. Soalnya, sejak kecil, bahkan masih bayi, kita sering diajak ibu ke posyandu, puskesmas, atau klinik untuk imunisasi. Katanya, yang dimasukkan dalam tubuh kita itu sebetulnya virus. Tapi, jangan takut karena virus tersebut tidak membahayakan. Supaya tidak bingung, mari mengobrol dengan Prof Dr dr Ismoedijanto DTM&H SpA(K). Read More….

Bayi Pun Bisa Stroke Perdarahan

Jawa Pos Minggu, 07 Mei 2017 21:06

ejala sebelum stroke perdarahan yang sering dikeluhkan memang sakit kepala. Namun sakit kepala yang sering dikeluhkan juga tidak khas atau tidak spesifik. Penderitanya banyak yang datang dalam keadaan terlambat, pembuluh darahnya sudah pecah dan koma. Spesialis bedah saraf RSUD dr Soetomo dr Asra Al Fauzi SpBS mengatakan, seseorang yang masuk golongan faktor risiko stroke perdarahan adalah mereka yang orang tuanya pernah mengalami stroke atau keluarganya ada yang mempunyai kelainan pembuluh darah. Usia 18 tahun keatas sudah bisa melakukan deteksi dini menggunakan MRI tanpa kontras. Read More….

Ini Tahapan Terapi Pasca Serangan Stroke Perdarahan

Jawa Pos Minggu, 07 Mei 2017 23:55

Mendapatkan kondisi yang pulih setelah serangan stroke perdarahan tidaklah mudah. Spesialis kedokteran fisik rehabilitasi RSUD dr Soetomo dr Meisy Andriana SpKFR(K) mengatakan, perdarahan yang terjadi dalam otak menyebabkan sel-sel saraf mengalami kerusakan atau kematian. ’’Apalagi untuk pasien yang usianya sudah lanjut, penyembuhannya akan lebih lama,’’ ucapnya. Pemulihan pasca stroke perdarahan bergantung dari beberapa hal. Seperti usia pasien, letak dan lokasi perdarahan, cepat dan tepatnya penanganan di rumah sakit, efektifitas fisioterapi paska stroke, hingga motivasi penderita dan dukungan keluarga. Read More….

Lebih Dekat dengan Prof dr Sunaryadi SpTHT-KL, Bapak Paliatif Indonesia

Jawa Pos Senin, 08 Mei 2017 07:07

Prof dr Sunaryadi Tejawinata SpTHT-KL (K) FAAO PGD Pall Med (ECU) adalah tokoh penting di balik perawatan paliatif di Indonesia. Dirintis di RSUD dr Soetomo, kini sudah banyak perawatan paliatif yang dipraktikkan di Indonesia. PROF Sun memeluk Gubernur Jawa Timur Soekarwo agak lama pada peluncuran buku berjudul Sepenggal Kisah Bapak Paliatif Indonesia.Keduanya terlihat akrab dalam acara yang berlangsung di ballroom Berlian Grand City pada Sabtu (29/4). Read More….

Sel Tumor Serang Jaringan Lemak Priyo Aljabar, Fokus Perbaikan Gizi

Jawa Pos Jumat, 12 Mei 2017 05:40

Priyono alias Priyo Aljabar dirawat di Ruang Bedah G RSUD dr Soetomo sejak Senin (8/5). Selama dua pekan ini, tim dokter yang merawat akan berfokus pada perbaikan status gizi Priyo. Selain itu, para dokter terus mempertimbangkan pengangkatan liposarcoma yang bersarang di perut pelawak Jawa Timur tersebut. Rabu (10/5) Priyo tampak berada di luar ruangan tempatnya dirawat. Dia tiduran di tangga. Cak Priyo, sapaannya, mengenakan sarung merah muda dan kemeja krem. Di tangan pelawak anggota Galajapo (Gabungan Lawak Juara Jawa Pos) itu ada pangkal slang infus. Read More….

Pemakaian High Heels Berujung Varises? Benarkah?

Jawa Pos Rabu, 31 Mei 2017 20:41

Tidak hanya berdampak pada kesehatan tulang, bila memakai high heels tanpa aturan pun berujung penyakit kulit seperti varises. Menurut spesialis kulit dan kelamin dr Prasti Adhi Dharmasanti SpKK, banyak pasien perempuan yang mempunyai varises, dan setelah dirunut punya kebiasaan menggunakan high heels. ’’Selain kebiasaan high heels, biasanya memang keluarga juga punya riwayat varises,’’ terangnya. Prasti menjelaskan, saat kaki menggunakan high heels, bisa menghambat gerak otot tumit. Padahal, gerak otot tumit biasanya membantu kerja pembuluh darah. bila sudah terhambat, salah satu efeknya yakni timbul varises. Read More….

Mengenal Perdarahan Pasca Persalinan

Jawa Pos Rabu, 31 Mei 2017 20:49

Tidak semua kasus perdarahan pasca persalinan bisa diprediksi. Itulah yang membuat para bumil sedikit tegang menghadapi persalinan. Spesialis kandungan RSUD dr Soetomo dr Indra Yuliati SpOG mengatakan bisa dikatakan perdarahan pasca persalinan bila darah yang keluar lebih dari 500 cc. Bila perdarahan terjadi masih dalam 24 jam pascapersalinan, namanya Early Hemoragik Post Partum. Dan bila lebih dari 24 jam, namanya Late Hemoragik Post Partum. Read More….

Bila Bumil Melahirkan Tidak di RS dan Terjadi Perdarahan

Jawa Pos Rabu, 31 Mei 2017 20:51

Ibu hamil tidak selalu melahirkan di rumah sakit. Ada yang memilih di Bidan Praktik Swasta (BPS). Sebenarnya hal itu tidak masalah selama tidak terjadi masalah selama proses melahirkan. Spesialis kandungan lainnya dr Agus Sulistyono SpOG mengatakan, hal tersebut berbeda ketika bumil tidak melahirkan di rumah sakit. Misalnya di BPS, bila terjadi perdarahan, tenaga medis juga harus langsung memasang infuse pada bumil. Langkah kedua adalah segera merujuknya ke rumah sakit untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Read More….

X